Resep Cara Membuat Sayur Asem Betawi Enak

Resep Cara Membuat Sayur Asem Betawi Enak
Siapa sih yang tak suka dengan sayur asem, hampir semua orang indonesia baik dari anak-anak hingga orang dewasa juga suka memakan nya, rasanya yang segar, enak dan sedikit rasa asam membuat sayuran yang satu ini menjadi makanan yang populer dan merakyat di indonesia, paduan antara jagung, kacang panjang, labu siam dan beberapa bumbu membuat rasa sayur ini menjadi enak, proses buat sayur asem betawi hampir sama dengan cara membuat sayur asem sederhana lain nya, yang berbeda hanya sedikit dari bahan nya saja, namun rasanya hampir sama, dan memiliki keunggulan masing-masing.

Cara membuat sayur asem memang salah satu masakan yang mudah dan paling praktis menurut saya, simple, sederhana dan mudah selain itu masakan yang satu ini juga masakan kesukaan saya apalagi di tambah dengan tempe goreng dan di hidangkan bersamaan dengan sambal bawang pedas, di jamin tambah makyos..


=================
Bahan Sayur Asem :
=================
1500 ml air
1 buah jagung manis
3 buah kacang panjang
1 buah labu siam
sayuran asem lain nya seckupnya (seperti nangka, daun melinjo, pepaya dan lainnya)
200 gram kacang tanah
3 buah cabai rawit
3 buah cabai besar
4 siung bawang merah
4 butir kemiri
3 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 sendok makan garam
1/2 sendok makan kaldu bubuk
1/2 sendok makan gula merah
asam jawa secukupnya
terasi secukupnya

===========================
Cara Membuat Sayur Asem Betawi
===========================
1. Cuci dan bersihkan semua sayuran-sayuran nya, kemudian langsung potong-potong kecil sesuai selera. berikutnya sisihkan dahulu.
2. Buat bumbu halusnya dengan cara campurkan jadi satu cabai merah, cabai hijau, bawang merah, terasi dan kemiri selanjutnya haluskan hingga halus dan tercampur rata.
3. Siapkan panci dan air matangnya (bisa gunakan air matang ataupun mentah akan sama-sama di rebus kembali).
4. Masak air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam, asam jawa dan lengkuas. aduk dan diamkan sebentar selama 3 menit.
5. Kemudian masukkan potongan jagung, labu siam, nangka, pepaya dan kacang tanahnya. masak sampai semua sayuran nampak lebih empuk.
6. Masukkan daun melinjo dan kacang panjang. aduk sebentar tambahkan gula merah dan garam. aduk lagi dan masak hingga matang.
7. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sayur Asem Betawi Enak
4.5/ 5
Oleh