Resep Cara Membuat Sayur Asem Enak

Resep Cara Membuat Sayur Asem Enak
Sayur asem merupakan masakan asli indonesia yang hampir setiap daerah ada jenis dan macam variasi yang unik dan berbeda biasanya bahan dasar yang di gunakan untuk membuat sayur asem sangatlah simple dan bahan-bahan nya mudah tuk di dapatkan di pasar tradisional terdekat di kota anda, seperti hal nya jagung, kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan lain nya tentu setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri ada yang versi sayur asem khas betawi dari jakarta ada yang dari jawa maupun daerah-daerah lain nya tentu membuat sayur asem sangalah mudah seperti halnya membuat sayur bening bayam dan sangatlah cocok di hidangkan untuk menu makan siang maupun sore anda.

Rasa sayur yang manis dan kuah yang berasa asem-asem segar tentu membuat rasa lapar anda jadi menambah dan ingin memakan nya terus hingga habis. waktu lalu kita telah berbagi cara resep rendang sapi enak dan juga resep ayam bumbu bali enak.

Untuk kesempatan nan cerah begini sangat lah cocok membuat sayur asem / sayur asam bening yang segar dan enak walaupun bulan-bulan ini masih musim penghujan sih terkadang di siang hari panas dan di makan hari hujan (itu di daerah saya sering begitu akhi-akhir ini) namun sayur asem dapat di buat kapan saja dan di manapun sesuai kondisi rasa nya pun tak ka berubah tetap asam, segar manis. yuk langsung di simak bareng dari pada banyak curhat ntar malah nambah penasaran aja...


==================
Bahan Sayur Asem :
==================
1000 ml air
1 buah jagung ukuran besar, potong jadi beberapa bagian
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 buah kacang panjang, potong jadi beberapa bagian
7 biji kacang tanah
1 buah jipang atau labu siam, potong jadi beberapa bagian
4 buah asam jawa
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
terong ungu bila ada secukupnya.

========================
Cara Membuat Sayur Asem :
========================
1. Didihkan air hingga mendidih, selagi menunggu air mendidih cincang kasar bawang putih dan bawang merah nya.
2. Setelah air mendidih dapat anda masukkan asam jawa, bawang putih dan bawang merah ke dalam rebusan. tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata. aduk-aduk selama 3 menit saja.
3. Masukkan potongan jagung dan potongan kacang panjang, aduk bentar dan masukkan pula labu siam dan kacang tanah nya.
4. Rebus sekitar 3 menit sambil di aduk-aduk terus sekiranya bahan nampak empuk bisa masukkan terong ungu dan tambahkan sedikit gula.
5. Masak atau rebus hingga matang dan semua nya nampak terasa empuk sekitar kurang lebih hanya 5-7 menitan saja.
6. Hidangkan selagi hangat.

Keterangan
- Jika kurang air nya bisa menambahkan sedangkan jika kelebihan bisa kurangkan, namun sayur asem yang enak tentu air nya ketika merebus menutupi semua bahan yang ada.
- Anda bisa menambahkan ikan asin, tempe dan sambal bawang pedas ketika penyajian nya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.08.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sayur Asem Enak
4.5/ 5
Oleh