Resep Cara Membuat Coto Makassar Sederhana

Soto atau coto makassar merupakan salah satu masakan tradisional khas makassar sulawesi selatan, rasanya yang familiar dengan lidah indonesia coto ini sangat di minati oleh semua orang, tak perlu jauh-jauh ke makassar karena penjual coto ini juga sudah banyak terutama di kota-kota besar namun jika anda malas mencari dan ingin coba membuatnya sangatlah tepat datang ke artikel resep satu ini. sebelumnya ada resep sosis solo enak nah kesempatan hari ini jawa resep masakan online akan mengulas mudahnya membuat coto makassar sederhana, enak dan segar tentu dagingnya pun akan terasa lebih lembut ketika di gigit. tenang saja bahan-bahan nya pun mudah di temukan seperti daging sapi, kacang, jahe, lengkuas dan bumbu lain nya yang tentu akan memberikan ke sedapan dan kesegaran coto nya. resep kali ini berbeda dengan resep soto tauco tegal dan cara membuat soto daging sapi. nampak sekali terlihat pada air yang di gunakan dan beberapa bumbu yang berbeda, namun rasanya sama-sama enak dan segar yang semuanya patut di coba.


====================
Bahan Coto Makassar :
====================
500 gram daging sapi segar (bisa campur jeroan)
100 gram kacang tanah goreng, tumbuk halus
1500 ml air tajin, air dari cucian beras yang kedua, gunakan air biasa juga boleh
3 cm jahe
2 lembar daun salam
2 batang serai
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan bawang goreng
1 ruas lengkuas
1 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri, iris tipis
kecap bango secukupnya
garam secukupnya
=============
Bumbu Halus :
=============
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh garam
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok makan merica
1/4 sendok makan jinten

===========================
Cara Membuat Coto Makassar :
===========================
1. Cuci dan bersihkan daging sapi dan jeroan nya. Siapkan panci (kalau ada panci presto akan lebih baik), tuangkan air tajin kedalam nya.
2. Rebus air tersebut menggunakan api sedang, masukkan potongan daging ke dalam panci (tanpa jeroan). tambahkan juga dengan serai, jahe, daun salam dan lengkuas. bila pakai jeroan rebus menggunakan panci yang berbeda dengan daging.
3. Setelah empuk bisa di angkat dan potong daging sesuai selera memanjang maupun kotak-kotak, untuk kaldu rebusan air tajin dan daging jangan di buang.
4. Haluskan semua bumbu halus yang sudah dipersiapkan, tumis di atas sedikit minyak panas hingga wangi. angkat dan tuangkan ke dalam kaldu coto tadi.
5. Masukkan kacang tanah goreng yang telah di haluskan, tambahkan sedikit air jika perlu. masak hingga mendidih menggunakan api kecil.
6. Menunggu kuah coto menddidih ambil mangkok atau wadah, masukkan sedikit irisan daun seledri, daun bawang dan garam seperlunya
7. Masukkan potongan daging sapi termasuk jeroan jika pakai. Tuangkan kaldu coto yang telah mendidih ke dalam mangkuk.
8. Tambahkan sedikit kecap dan taburi bawang goreng di atasnya.
9. Hidangkan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.47.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Coto Makassar Sederhana
4.5/ 5
Oleh