Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makassar Enak

Es pisang ijo merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas dan asli makasar sulawesi selatan yang tentunya berbahan dasar buah pisang. kuliner es pisang ijo memang umumnya sangat populer sekali di hidangkan ketika musim panas tiba, bahkan ketika memasuki bulan puasa akan banyak sekali penjual es pisang hijau di sore hari. karena menu makanan yang satu ini sangat terasa spesial sekali bilamana di hidangkan sebagai menu berbuka puasa. selain itu es pisang ojo juga terkenal akan kelezatan dan kesegarannya yang terbuat dari buah pisang dengan perpaduan adonan tepung dan pasta pandan yang di campurkan santan tentu membuat rasa es pisang ijo menjadi enak, lezat segar dan bahkan terasa gurih. pada umumnya jika anda membeli es pisang ijo kebanyakan orang menggunakan pewarna buatan namun jika bisa buat sendiri dan tahu bahannya tentu akan lebih terjamin dan menyehatkan untuk di makan. memang jenis-jenis minuman segar yang menyehatkan juga akan terasa cocok bila di sandingkan dengan menu makanan yang lezat seperti halnya yang pernah kita pelajari bersama yaitu ada resep fried chicken kfc atau menu makanan spesial lainnya juga enak

Sebelumnya kita bersama-sama juga telah belajar aneka jenis minuman segar yang tentunya sangat baik untuk kesehatan anda layaknya resep jus tomat ada juga jenis makanan yang spesial banget yang patut anda coba juga yaitu resep es pisang coklat. namun yang kali ini jauh lebih populer ketimbang resep sebelumnya apalagi terbilang unik yaitu resep es pisang ijo. untuk membuat es pisang ijo asli makassar sangat mudah dan praktis untuk proses buatnya sendiri tak memakan waktu lama apalagi jika anda sudah terbiasa pasti akan terasa mudah dan simple sekali. es pisang ijo memang populer sekali di daerah sulawesi walaupun demikian banyak juga kok sekarang ini yang menyajikan es pisang ijo karena rasanya yang segar enak apalagi di sajikan di siang yang panas pastinya akan cepat menghilangkan dahaga anda dengan rasa yang begitu spesial membuat es pisang ijo di sukai oleh semua orang baik kalangan anak-anak hingga orang dewasa. kesempatan yang cerah ini jawa resep akan berbagi cara buat es pisang ijo khas makassar yang begitu sederhana dan mudah namun terasa enak banget dan tentu membuat semua orang ketagihan meminumnya.

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makassar Enak
Resep es pisang ijo

================
Bahan Es Pisang Ijo :
================
10 buah pisang raja
400 ml santan
150 gram tepung terigu
100 ml air pandan
50 gram tepung beras
1/4 sendok makan garam
1 sendok makan gula
1 sendok makan mentega
1 sendok makan pasta pandan/bisa ganti pewarna makanan hijau
sirup merah ataupun hijau secukupnya
es batu secukupnya
============
Bahan Saus :
============
1 liter santan
175 gram gula pasir
150 gram tepung terigu
2 lembar daun pandan
1/2 sendok makan garam

========================
Cara Membuat Es Pisang Ijo :
========================
1. Pertama-tama siapkan seluruh bahan, termasuk air daun pandan nya hanya terbuat dari 100 ml air matang dan juga campuran daun pandan yang di blender kemudian di saring.
2. Langkah berikutnya tinggal larutkan tepung terigu, tepung beras bersamaan dengan air pandan nya lalu beri pewarna ataupun pasta pandan dan juga garam, gula serta santan secara bergantian di campur aduk.
3. Siapkan wadah yang cukup besar / bisa gunakan talam lalu kukus terlebih dahulu adonannya selama 20 menitan.
4. Ambil pisang nya dan kukus juga sebentar saja sekitar 10 menitan lalu setelah itu di sisihkan dulu. ambil kukusan adonan dan campurkan mentega ke dalam adonannya.
5. Ambil pisang yang telah di kukus lalu ambil juga sedikit adonan lalu pipihkan dan beri isian 1 buah pisang utuh kemudian tutup rapat adonannya.
6. Kukus kembali selama 3 menitan saja jangan lupa alasi adonan tersebut dengan daun pisang atau semacamnya.
7. Menunggu itu bisa buat sausnya dengan cara mencampurkan semua bahan saus jadi satu. kemudian setelah pisang ijonya matang potong-potong sesuak selera lalu hidangkan bersamaan dengan sausnya dan beri juga es batu dan sirup secukupnya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.47.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makassar Enak
4.5/ 5
Oleh