Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Enak Mudah

Apa itu tahu gejrot? merupakan tahu yang proses pembuatannya di goreng kemudian di potong kecil-kecil dan di hidangkan bersamaan dengan kuah gula dan cabai rawit serta bawang sebagai pelengkapnya. tahu gejrot sangat populer sekali di era 80, 90 dan tahun 2000an, bisa di bilang di tahun tersebut hampir setiap daerah di indonesia ada yang menjualnya mulai dari pedagang di pinggir jalan hingga pedagang keliling juga ada. nah kalau akhir-akhir ini menemukan pedagang keliling tahu gejrot memang susah, jajanan tahu gejrot yang enak dan lezat dan populer di era 90 an ini memang sudah jarang di temukan, namun tenang saja karena mulai sekarang bilamana anda ingin merasakan bagaimana sensasi kelezatan tahu gejrot tentu dapat membuat sendiri. tahu gejrot sendiri adalah salah satu jajanan tradisional khas indonesia yang berasal dari cirebon, kalau di kota tersebut memang masih banyak yang jual sedangkan berbeda dengan kota-kota lainnya di indonesia tahu gejrot sudah minim sekali penjualnya, yang biasanya setiap hari ada yang jual keliling sekarang sudah tidak ada.

Membuat tahu gejrot sangatlah mudah dan praktis tak sesulit bayangan anda selama ini, caranya yang simple membuat tahu gejrot tergolong menu jajanan yang cepat tuk di buat dan dapat di lakukan oleh siapa saja. oleh sebab itu jawa resep kali ini akan memberikan pembelajaran membuat tahu gejrot khas cirebon yang tentunya tak kalah dengan yang di jual-jual dan sensasi rasanya tetap terasa enak banget, membuat tahu gejrot di dapur rumah sendiri tak terlalu sulit, dari segi bahan di lihat hanya memakai tahu pong, cabai, bawang dan beberapa bumbu dapur yang cukup familiar. sebelumnya kita telah membahas aneka resep mulai dari resep sayur asem enak, resep membuat bolu pisang hingga dengan resep membuat batagor enak juga pernah kita pelajari bersama-sama. jenis-jenis resep tersebut memiliki cara pembuatan yang sangat mudah dan langsung dapat di buat oleh siapa saja yang baru pertama kali belajar memasak pun bisa langsung mempraktekannya. nah bagaimana kalau kali ini buat tahu gejrot asli cirebon?


Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Enak Mudah
Resep tahu gejrot

=================
Bahan Tahu Gejrot :
=================
20 buah tahu pong, bisa pakai tahu sumedang
1/4 liter air panas/hangat
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
10 buah cabai rawit hijau
5 buah cabai merah besar
1 sendok makan kecap manis bango
1 sendok makan gula merah cair
1 sendok makan air asam
1/4 sendok makan garam
minyak seperlunya

=======================
Cara Membuat Tahu Gejrot :
=======================
1. Pertama buat kuah tahu gejrot nya dahulu dengan menghaluskan bawang putihnya kemudian ambil sebuah wadah.
2. Campurkan bawang putih, gula merah cair, air asam, bersamaan dengan kecap, garam dan juga air hangat menjadi satu, setalah itu bisa di sisihkan dahulu.
3. Panaskan minyak banyak dan goreng tahu dengan api kecil saja, goreng sampai tahunya kering, selanjutnya bisa di tiriskan.
4. Siapkan ulekan dan letakan tahu yang telah di goreng di atas ulekan, tekan-tekan tahunya hingga pecah (selanjutnya bisa di potong dahulu ataupun di biarkan utuh).
5. Tumbuk kasar bawang merah, cabai merah dan juga rawit selanjutnya campurkan dengan kuah tahu gejrot nya menjadi satu.
6. Tuangkan kuah yang telah bercampur cabai di atas tahu sambil di aduk merata, terakhir tinggal di hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.08.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh