Resep Cara Membuat Batagor Enak Gurih

Resep Cara Membuat Batagor Enak Gurih
Siapa sih yang tak kenal dengan jajanan yang satu ini, jangan bilang anda tidak pernah mencobanya, nyesal sekali kalau sampai sekarang belum pernah coba, penjual batagor di seluruh nusantara ini banyak sekali dan mudah di jumpai, rasanya yang enak, lezat gurih dan harganya yang merakyat tentu membuat jajanan yang satu ini mejadi populer di indonesia. batagor sendiri menurut beberapa orang dulu adalah masakan yang berasal dari bandung dan arti kata batagor adalah bakso tahu goreng yang tentunya semua itu di padukan menjadi satu. menyebarnya keseluruh nusantara tentu banyak sekali maam-macam batagor yang dapat anda kenali, seperti batagor ikan tengiri, batagor ikan, batagor tahu dan lainnya setiap daerah berbeda-beda.

Walaupuns setiap daerah berbeda-beda tetap pembuatan batagor yang enak tentu di serasikan dengan sambal saus kacang batagornya seperti halnya resep membuat cilok enak dan resep membuat siomay bandung juga menggunakan sambal kacang yang perpaduannya pas dan enak ketika di sajikan secara bersamaan. untuk membuat sambal batagor juga tak sesulit yang anda bayangkan semuanya mudah jika ada kemauan dalam mempraktekannya. seperti resep cara membuat cimol bandung jajanan yang satu ini sungguh populer dan mudah di temukan di sekolah-sekolah, kampus bahkan tempat-tempat keramaian, jadi mudah sekali utnuk menemukan penjual batagor, namun jika ingin membuat sendiri tentu bisa dan jauh lebih sehat.


=============
Bahan Batagor :
=============
125 gram tepung terigu
125 gram tepung sagu
2 batang daun bawang, iris tipis
5 buah tahu putih
air garam secukupnya
minyak goreng secukupnya
=============
Bumbu Halus :
=============
1/2 sendok makan ebi (udang kecil-kecil yang di keringkan)
3 siung bawang putih
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok teh merica
==============
Sambal Kacang :
==============
125 gram kacang tanah
125 ml air
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 buah cabai merah besar
2 buah cabai merah keriting
gula jawa secukupnya
terasi udang secukupnya

=======================
Cara Membuat Batagor Enak :
=======================
1. Ambil semua tahu kemudian rebus dengan sedikit air garam, angkat dan sisihkan terlebih dahulu. langkah berikutnya haluskan semua bumbu halus menjadi satu.
2. Persiapkan wadah kemudian campurkan antara tepung terigu dan air. aduk merata setelah itu tambahkan tepung sagu irisan daun bawang dan bumbu halus ke dalam adonan. uleni hingga kalis dan rata.
3. Potong-potong tahu menjadi beberapa bagian kemudian setiap bagian tambahkan sedikit adonan pada tahunya. lakukan untuk semua tahu (potong tahu jangan terlalu tipis).
4. Jika masih ada sisa adonan ambil dan bentuk adonan-adonan tersebut menjadi lonjong ukuran bebas hingga smeua adonan tak tersisa.
5. Goreng tahu dan adonan lonjong hingga matang dan kering di atas api kecil saja menggunakan minyak banyak. setelah semuanya matang tiriskan terlebih dulu ya.
6. Setelah itu berikutnya tinggal membuat saus kacangnya, goreng jadi satu bawang putih, bawang merah, kacang tanah  dan cabe beserta terasi sebentar saja hingga kacang bewarna kecoklatan.
7. Haluskan semua bahan sambal kacang yang telah di goreng tadi menggunakan blender termasuk gula jawanya juga. selanjutnya panaskan panci berisi sedikit air.
8. Masukkan bumbu kacang ke dalam panci. aduk rata dan masak sampai mendidih dan mengental (nampak meletup-letup).
9. Hidangkan sambal kacang bersamaan dengan batagornya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.22.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Batagor Enak Gurih
4.5/ 5
Oleh