Resep Cara Membuat Pepes Tahu

Apa itu pepes? pepes merupakan cara mengolah makanan dengan menggunakan daun pisang yang di bungkuskan ke dalam bahan makanan tersebut. Olahan pepes ada beberapa macam variasinya ada pepes ikan, pepes teri, pepes tahu dan lainnya. Untuk yang akan kita bahas hari ini adalah mengolah dan belajar membuat pepes tahu edisi Jawa Resep, tahu sendiri kaya akan vitamin dan bebas kolestrol yang berguna untuk kesehatan tubuh. di indonesia yang paling populer memang pepes tahu namun anda tahu gak kalau sebenarnya jenis-jenis variasi pepes itu banyak salah satu yang pernah kita pelajari bersama juga ada yaitu resep membuat pepes ayam enak , resep ikan tongkol dan resep membuat pepes ikan.

Beberapa orang dan ahli kesehatan juga meyakini bahwa sering mengkonsumsi tahu juga berguna untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Membuat pepes tahu sangat mudah dan praktis, selain bahan-bahannya yang mudah di temukan dan dapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat di kota Anda cara mengolahnya yang dengan cara di kukus juga tidak terlalu susah dan ribet. Dari pada Anda lebih penasaran, langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan mulai mengikuti cara membuat pepes tahu edisi jawaresep di bawah ini.

Resep Cara Membuat Pepes Tahu
Resep pepes tahu

===============
Bahan Pepes Tahu :
===============
1/2 kg tahu
6 lembar daun salam
1 batang daun bawang
lembaran daun pisang secukupnya
===========
Bumbu Halus :
===========
3 buah cabai merah ukuran sedang
2-5 buah cabai rawit hijau, sesuaikan
1 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam

=====================
Cara Membuat Pepes Tahu :
=====================
1. Hancurkan tahu hingga halus dan lembut dan cincang halus semua daun bawang nya.
2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula dan garam ( semua bumbu halusnya ) dan jika sudah halus campurkan dengan tahu yang sudah di cincang halus, aduk-aduk menjadi satu hingga merata.
3. Masukkan daun bawang ke dalam campuran tahu dan bumbu tersebut, aduk kembali hingga tercampur rata.
4. Siapkan daun pisang ( pastikan daun pisang nya sudah di bersihkan dulu ), bungkus campuran tahu yang sudah rata dengan bumbu dengan daun pisang
5. Bentuk pepes tahu padat memanjang seperti membuat lontong. Lakukan hingga semua tahu habis.
6. Letakan daun salam di setiap bungkusan pepes. Setelah itu kukus pepes tahu selama 30 menit hingga pepes matang.
7. Dinginkan bentar dan sajikan.

Praktis dan mudah kan cara membuat pepes tahu dari Jawa Resep? pepes tahu di atas dapat menghasilkan 3 sampai 6 pepes tahu ( untuk ukuran setiap daun pisangnya bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda). Silahkan mencobanya di rumah ketika waktu luang, pepes tahu biasanya di sajikan untuk menu pelengkap makanan, namun ada juga beberapa orang menyajikannya untuk menu utama.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.27.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Pepes Tahu
4.5/ 5
Oleh