Resep Cara Membuat Rawon Enak

Resep Cara Membuat Rawon Enak
Surabaya memang kaya akan kulinernya seperti ayam penyet, jajanan ote-ote atau bakwan dan bahkan aneka kue juga ada. Nah yang akan kita pelajari tentang kuliner khas surabaya hari ini adalah bagaimana membuat rawon dengan rasa enak dan spesial tentunya segar dan lezat ketika di nikmati. sebelumnya apa itu rawon? Rawon adalah salah satu masakan nusantara yang sudah ada sejak zaman dahulu, makanan yang satu ini lebih dikenal dengan nasi rawon khas suroboyo karena memang rawon sendiri berasal dari kota surabaya jawa timur tak hanya itu karena rasanya yang enak dengan kandungan kluwek yang lezat tentu masakan yang satu ini mudah di terima lidah semua orang di indonesia.

Pada dasarnya rawon sendiri adalah salah satu hdangan daging sup berkuah coklat kehitaman yang di padukan dengan bumbu-bumbu rempah khas indonesia dan sudah familiar bagi yang suka di dapur. warna gelap kuah nya tentu berasal dari kluweknya, untuk mencari kluwek yang enak bisa terbilang gampang-gampang susah karena memang menurut orang dulu di cicipi terlebih dahulu sebelum membelinya. tenang saja walaupun susah masih banyak jalan untuk menggantinya seperti bumbu sachetan yang terkenal adalah Bamboe Bumbu Rawon harganya juga hemat dan murah. namun alahkah baiknya memang asli menggunakan bumbu-bumbu rempah dan kluwek yang khas untuk buat rawon. beberapa waktu sebelumny ada juga resep semur kambing, resep sate kambing empuk dan bahkan ayam bumbu bali juga ada, kalian semua juga dapat mencobanya satu persatu untuk di jadikan menu harian anda dalam memasak.


=============
Bahan Rawon :
=============
1 1/2 liter air
250 gram daging sapi segar tanpa tulang
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 batang daun bawang
2 buah cabai merah
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 buah kemiri
3 cm lengkuas
2 buah kluwek
1 cm kencur
1 sendok makan ketumbar
1 sendok makan air asam jawa
2 cm jahe
2 batang sereh
2 cm kunyit
1/2 sendok makan terasi udang
1 sendok makan gula jawa
1/4 sendok makan gula pasir
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya

===================
Cara Membuat Rawon :
===================
1. Rebus daging sapi  tanpa tulangnya dengan air secukupnya saja hingga daging berubah warna dan matang, setelah itu tiriskan dan sisihkan.
2. Iris tipis bawang putih, bawang merah, daun bawang, cabai dan daun bawang. setelah itu panaskan sedikit minyak menggunakan api sedang.
3. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, lengkuas, kluewek, kencur, ketumbar, terasi, jahe dan sereh beserta kunyit. tumis sampai harusm tambahkan air asam jawa, irisan daun bawang, daun jeruk dan daun salam, aduk sebentar hingga layu.
4. Masukkan daging sapi ke dalam tumisan aduk-aduk hingga semua bumbu meresap. matikan kompor dan sisihkan sebentar.
5. Sementara itu ambil panco atau presto rebus 1 1/2 liter air. setelah mendidih masukkan bumbu yang telah di masak tadi ke dalam panci mendidih. aduk merata dan tambahkan dengan sedikit bumbu seperti gula pasir, gula jawa, garam, merica bubuk.
6. Masak sampai matang dan tutup presto kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.
7. Hidangkan selagi hangat dengan nasi putih.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.27.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Rawon Enak
4.5/ 5
Oleh