Resep Cara Membuat Abon Sapi Enak Mudah

Abon merupakan salah satu makanan yang berupa serat daging hewan, pada umumnya bewarna coklat dan menggunakan bahan dasar daging sapi. selain itu di indonesia banyak sekali variasi dan jenis abon ada yang bewarna coklat kering ada pula yang bewarna coklat pekat bahkan abon dengan menggunakan daging ayam bahkan ikan juga ada. memang setiap jenis abon-berbeda-beda namun cita rasa gurih dan enak pada abon sapi lebih menarik dan lezat, aromanya yang sedap membuat perut menjadi lapar. biasanya abon sangat cocok di hidangkan dengan menu makanan apa saja, di indonesia abon sapi cenderung lebih diminati ketimbang abon ayam, rasanya yang enak dan harganya relatif terjangkau membuat abon menjadi salah satu menu favorite pelengkap makanan. selain di jadikan pelengkap biasanya abon juga di gunakan untuk hidangan utama bersama nasi putih dan kerupuk pastinya juga terasa enak dan sedap. buat abon sapi yang enak tentu tak sesulit bayangan anda, walaupun harganya relatif murah dan dapat di jangkau oleh semua kalangan namun kalau bisa buat sendiri pasti akan menambah ilmu anda dalam memasak serta tentunya dapat di sajikan kapan dan dimana saja sesuai selera.

Untuk membuat abon sapi sangatlah mudah dan praktis, dengan cita rasa gurih manis enak serta aroma yang begitu menyedapkan juga membuat orang ingin memakannya abon menjadi salah satu hidangan pelengkap makanan paling populer. salah satu menu makanan yang cocok tuk di hidangkan secara bersamaan dengan abon yaitu ada menu resep rendang sapi enak. namun jika anda mengkonsumsinya menjadi menu utama juga bisa tetap terasa enak. membuat abon sapi simple banget apalagi kalau tahu bahannya bisa lebih menghemat pengeluaran anda bila membuat dalam skala besar. beberapa waktu sebelumnya kita juga telah membahas aneka jenis resep yang spesial mulai dari resep membuat cilok enak dan juga resep sate kambing. walaupun setiap resep memiliki ciri khas masing-masing namun perpaduan bumbu dan bahan yang sesuai membuat rasa masakan menjadi terasa spesial.

Resep Cara Membuat Abon Sapi Enak Mudah
Resep Abon Sapi

================
Bahan Abon Sapi :
================
500 gram daging sapi
150 ml santang kental
1 liter air matang
3 siung bawang putih
2 cm laos, di geprek2 batang serai
2 lembar daun salam
2 sendok makan gula merah/aren/ jawa
3 lembar daun jeruk
3 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sendok teh garam

=======================
Cara Membuat Abon Sapi :
=======================
1. Siapkan bahan yang di perlukan lalu ambil panci presto dan campurkan daging sapi yang telah di cuci bersih bersamaan dengan air, daun salam, serai dan juga daun jeruk menjadi satu, letakan dalam panci.
2. Masak panci prestonya selama 30-45 menitan, setelah itu bisa di dinginkan dahulu lalu baru buka dan keluarkan daging sapi dari panci prestonya.
3. Haluskan bawang putih, ketumbar dan juga garam jadi satu hingga halus. kemudian suwir-suwir atau iris kecil-kecil /halus daging ayng telah di presto pakai tangan.
4. Tuangkan santan  ke dalam penggorengan, masukkan laos, gula merah dan juga bumbu yang telah di haluskan campur dan masak hingga mendidih.
5. Selanjutnya tinggal masukkan daging yang telah di suwir campur aduk dan masak sambil di aduk terus (agar tidak timbul kerak di dasar penggorengannya) sampai santan nya menyusut.
6. Setelah matang bisa di dinginkan dan masukkan ke dalam wadah kedap udara.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.22.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Abon Sapi Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh