Resep Cara Membuat Sate Kambing Empuk

Jawa Resep, Satai atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sate tentu nya merupakan makanan yang enak, banyak sekali jenis dan variasi sate, dari sate ayam, sate kelinci maupun sate kambing enak nan empuk yang akan kita bahas nanti. Sate kambing merupakan sate yang berbahan dasar dari daging kambing namun proses dan cara nya hampir seperti hal nya membuat sate pada umum nya, yang membedakan sate kambing empuk ini tentu nya adalah bumbu yng ciri khas dan spesial dan tusuk sate nya yang agak lebih besar ketimbang sate ayam.

Sate kambing meruapakan makanan yang di sukai banyak orang, namun perlu di hindari jika anda memiliki darah tinggi, karena daging kambing kurang baik untuk di konsumsi bagi penderita darah tinggi. Penjual sate kambing memang mudah dan dapat di temukan di warung makan maupun pinggir-pinggir jalan namun jika anda membuat sendiri hal tersebut akan membuat sensai yang berbeda tentu nya juga akan menambah cita rasa yang enak pada sate nya yang pasti bahan-bahan nya pun lebih aman dan higienis karena kita sendiri yang membeli nya. yang patut di coba juga yaitu resep ayam penyet pastinya sangat terasa sekali sensasinya bilamana adi sajikan untuk menu siang hari secara rutin bergantian dengan sate kambing empuk ini. Untuk kesempatan hari ini kita akan belajar bersama dalam mengolah dan membuat sate kambing yang empuk dan enak edisi jawa resep.

=======================
Bahan Sate Kambing Empuk :
=======================
1/2 kg daging kambing segar
7 butir bawang merah, iris tipis
2 lembar daun jeruk, iris tipis
1 buah jeruk nipis
2 buah tomat ukuran besar
1/2 sendok makan merica bubuk
7 sendok makan kecap bango
bawang goreng secukup nya
tusuk sate secukupnya
============
Bumbu Kecap :
============
8 butir bawang merah
5 buah cabai rawit hijau
1 bungkus kecap bango ukuran besar maupun sedang ( gunakan untuk membuat bumbu olesan dan kecap )
1/4 sendok makan merica
2 buah jeruk nipis

=============================
Cara Membuat Sate Kambing Empuk :
=============================
1. Potong-potong daging kambing nya membentuk dadu / kecil kotak-kotak ( jangan terlalu besar dan jangan terllau kecil ).
2. Cuci dan bersihkan kan potongan daging kambing tersebut menggunakan air hingga bersih dan tak nampak darahnya. Sisihkan.
3. Buat bumbu satenya, dengan cara menyiapkan piring /wadah besar, masukkan 7 sendok makan kecap bango, irisan tipis bawang merah, daun jeruk merica dan perasan air jeruk nipis. Campurkan menjadi satu.
4. Buat bumbu kecap nya, siapkan wadah/piring yang berbeda ukuran besar juga, iris bawang merah tipis-tipis dan cabai hijau iris kecil-kecil.
5. Tuangkan semua sisa kecap bango nya dan campurkan dengan irisan cabai rawit, bawang merah, merica dan perasan air jeruk nipis dari buah jeruk nipis. Campur aduk hingga merata.
6. Siapkan tusukan sate, lalu ambil daging dan tusukan ke dalam tusuk sate sebanyak empat potong daging kambing saja.
7. Ambil dan oleskan sate pada bumbu olesan yang telah di buat tadi kemudian bakar di atas bara api panas. Bakar hingga matang dan bumbu meresap, sesekali ketika di bolak balik oleskan kembali bumbu sate nya.
8. Setalah matang sajikan sate bersamaan dengan bumbu kecap nya bersamaan dengan tomat dan bawang goreng.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.27.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sate Kambing Empuk
4.5/ 5
Oleh