Resep Cara Membuat Ayam Pop Enak

Resep Cara Membuat Ayam Pop Enak
Ayam Pop meruapakan ayam yang di ungkep dengan bumbu-bumbuan seperti halnya bawang putih dan di campurkan air kelapa yang masih segar yang akan membuat rasa menjadi gurih, umumnya ayam pop menggunakan ayam kampung asli yang hal tersebut akan memberikan rasa yang lebih enak ketimbang ayam boiler yang di pop. Sedangkan untuk sambal ayam pop berbeda dengan resep sambal pedas pada umumnya, sambal ayng satu ini sangat memiliki ciri khas an lebih simple ketimbang sambel lainnya. seperti halnya dengan cabai merah, tomat, bawang putih yang di haluskan dan biasanya di resto-resto ternama sambal ayam pop terkadang di tambahkan petai agar aromanya lebih berkarakter.

Karena tekstur yang lembut, empuk, pedas nan kental dan rasanya yang gurih dan enak ayam pop meruapakan menu masakan yang terbilang enak, karena semuakaangan menyukainya baik dari anak kecil hingga orang dewasa yang baru mencicipi rasa satu kali saja pasti menyebutkan ayam ini enak. sebelumnya juga ada aneka jenis resep yang mudah tuk di buat dan familiar sekali sebagai kuliner asli indonesia seperti resep gudeg enak, sedangkan untuk sajian hari ini ada menu ayam pop penasaran bagaimana sensasi kelezatannya? agar lebih cepat dalam membuatnya yuk langsung saja kita siapkan saja bahannya dan ikuti beberapa caa dan tips membuat nya di bawah dengan benar.

================
Bahan Ayam Pop :
================
2 potong daging ayam kampung
1/4 liter air kelapa
2 siung bawang putih
1/2 potong buah jeruk nipis
1/4 sendok makan garam
minyak goreng secukupnya
==============
Bahan Sambal :
==============
6 buah cabai merah besar
1 buah tomat ukuran sedang saja
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 potong air jeruk nipis (sisa dari potongan jeruk nipis pada bahan ayam pop)
1/4 sendok makan garam
2 sendok makan air matang

=======================
Cara Membuat Ayam Pop :
=======================
1. Haluskan dua siung bawang putih, kemudian balurkan kesetiap sisi ayam. beri perasan air jeruk nipi dan garam (balukan hingga seluruh bagian ayam terkena).diamkan ayam selama 45 menit.
2. Ungkep ayam atau rebus ke dalam air kelapa bersmaan dengan bumbu yang untuk membalur tadi. aduk bentar dan diamkan hingga matang dan nampak air menyusut.
3. Goreng ayam menggunakan minyak panas sebentar saja sekitar 3-5 menit saja (jangan sampai ayam berwarna kecoklatan).
4. Kemudian buat sambal khas nya dulu, cukup dengan haluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah, tomat, garam dan sisa air jeruk nipis berserta air matang juga kemudian blender hingga halus.
5. Tumis dengan sedikit minyak saja menggunakan api besar, masak hingga sambal matang.
6. Sajikan ayam pop bersamaan dengan sambal khas nya.

Ayam pop biasanya dapat di sajikan dengan nasi putih beserta lalapan, jika anda tak suka dengan sambal nya bisa mengganti dengan sambal lain seperti hal nya resep sambal ayam penyet. Walaupun masakan ini sangat mudah di temukan dir esto / rumah makan terutama yang berlabel rumah makan padang namun jika bisa membuat sendiri kenapa harus membeli dan mencarinya jauh-jauh?



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.54.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Pop Enak
4.5/ 5
Oleh