Resep Cara Membuat Gudeg Enak Mudah

Resep Cara Membuat Gudeg Enak Mudah
Gudeg merupakan salah satu masakan tradisional indonesia lebih tepatnya yogyakarta dan menyebar hingga seluruh pelosok nusantara ini. umumnya masakan yang satu ini berbahan dasar dari nangka muda yang di padukan dan dimasak dengan santan yang emberikan rasa enak, gurih dan lezat. gudek yogya umumnya lebih bewarna pekat coklat hal tersebut karena di simpan beberapa hari dan di masak terus setiap harinya dan yang memberikan warna pekat coklat adalah hasil dari daun jati yang di masak secara bersamaan. resep cara membuat gudeg jogja biasanya tak akan luput dengan namanya pelengkap yang di hidangkan bersamaan dengan masakan jawa yang satu ini seperti menambahkan resep cara membuat telur bacem kecap enak dan resep cara membuat tempe bacem.

Gudeg memang sangat salah satu masakan yang populer di indonesia namun setiap daerah memiliki ciri khas dan ke pekatan warna yang berbeda-beda. untuk membuat gudeg bisa di bilang gampang-gampang susah, kenapa? karena untuk buat gudeg yogya yang enak tentu harus di masak dan di simpan beberapa hari aga warna nya lebih pekat dan nambah manis ketika di makan. walapun proses dalam memasaknya lama namun rasa yang di hasilkan juga akan spesial dan enak, resep yang satu ini memang sangat cocok di padukan dengan telur, tempe dan resep cara buat tahu bacem enak. yuk langsung kita buat saja.


==================
Bahan Gudeg Enak :
==================
1/2 kg nangka muda
1/2 liter santan kental
1/2 liter santan encer
1/4 kg gula merah
4 lembar daun salam
2 lembar daun jati
2 ruas lengkuas
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan garam
4 telur bacem ,  atau bisa gunakan telur rebus
3 lembar tempe dan tahu bacem
============
Bumbu Halus :
============
6 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1/2 sendok makan ketumbar
5 butir kemiri, yang sudah di sangrai

========================
Cara Membuat Gudeg Enak :
========================
1. Pertama-tama rebus telur nya terlebih dahulu dan buat seperti telur bacem maupun di buat telur rebus biasa juga bisa.
2. Cuci dan bersihkan buah nangkanya setelah itu potong buah nagka kecil-kecil namun agak kasar sesuaikan selera.
3. Siapkan panci kemudian alasi dengan daun jati. masukkan nangka, telur rebus, gula merah, gula pasir, santan encer, lengkuas dan daun salam secara bergantian.
4. Haluskan semua bumbu halus kemudian langsung masukkan ke dalam panci dan tambahkan santan kental ke dalam panci, aduk-aduk hingga tercampur.
5. Masak gudeg menggunakan api kecil selama 3-4 jam sambil di lihat dan di aduk-aduk terus. (untuk hasil yang enak dan warna yang lebih pekat biasanya gudeg di simpan semalaman 1 hari hingga 3 hari kemudian di masak lagi dan baru di santap).
6. Hidangkan gudeg bersamaan dengan telur bacem (jika tak menggunakan telur rebus), tempe bacem dan tahu bacem.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Gudeg Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh