Resep Cara Membuat Wedang Ronde Enak Mudah

Resep Cara Membuat Wedang Ronde Enak Mudah
Ronde berbahan dasar tepung ketan yang asal usul pertama kali di bawa oleh pedagang china di zaman penjajahan dulu. ronde sendiri adalah salah satu hidangan spesial yang biasa di makan ketika merayakan sebuah festival ataupun perayaan besar di negara china. nah di indonesia sendiri yang terpopuler adalah mengolah ronde memjadi minuman atau biasa di kenal dengan wedang ronde, rasa nya yang segar, enak sserta menghangatkan membuat menu yang satu ini di cari-cari di musim penghujan ini. biasanya minuman ini sangat cocok di minum saat malam hari ketika cuaca sudah menjadi dingin ataupun siang hari ketika cuaca mendung dan hujan penjual wedang ronde pasti akan di serbu habis oleh peminatnya. minuman yang satu ini berbeda sekali dengan minuman-minuman lainnya seperti resep cara membuat bajigur enak, resep jus alpukat enak ataupun resep cara membuat jus jeruk. resep minuman wedang ronde cenderung lebih untuk membuat rasa lapar hilang dan dapat mencegah terjadinya lapar jadi sangat cocok jika di minum kapan saja yang tentunya baik untuk kondisi perut anda.


===================
Bahan Wedang Ronde :
===================
125 gram tepung ketan
 2 ruas jahe
1 batang serai
500 ml air matang
enting-enting kacang secukupnya, haluskan
gula jawa secukupnya
gula pasir secukupnya
air hangat dan secukupnya saja

==========================
Cara Membuat Wedang Ronde :
==========================
1. Campurkan tepung ketan dan air hangat dikit demi sedikit hingga adonan dapat dipulung dan tak menempel di tangan.
2. Bentuk adonan tadi berbentuk bulat seukuran bola-bola kelereng kecil(tanpa di isi dan ukuran lebih besar sedikit pakai isi (untuk isian gunakan enting-enting kacang)
3. Rebus air matang nya menggunakan api kecil, setelah air mendidih baru masukkan butiran-butiran adonan ronde ke dalam air mendidih. biarkan hingga matang mengapung (bulatan-bulatan nya nampak ke atas).
4. Masukkan gula merah dan pasir secukupnya (sesuai selera saja). tambahkan serai dan jahe, masak selama 5 menit sambil di aduk-aduk terus.
5. Tuangkan wedang ronde di atas mangkuk saji dan beri taburan enting-enting kacang yang telah halus secukupnya di atasnya.
6. Sajikan selagi hangat.

Keterangan :
Untuk isian ataupun taburan nya enting-enting kacang bisa di ganti dengan kacang tanah yang di haluskan bersamaan dengan sedikit gula jawa/merah.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Wedang Ronde Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh