Resep Cara Membuat Kue Talam Enak

Resep Cara Membuat Kue Talam Enak
Kue talam adalah salah satu jenis kue tradisional indonesia yang rasanya enak dan lezat, teksturnya yang lembut membuat orang merasa lapar ketika melihatnya. kue talam juga termasuk kue basah yang tak tahan lama bila di simpan berhari-hari dan umumnya kue ini sangatlah mudah di temukan di bulan puasa sebagai menu buka puasa anda, namun karena rasanya yang enak dan termasuk jenis kue yang terpopuler untuk hidangan berbuka puasa selain resep cara membuat kue lumpur dan resep kue cubit enak dan empuk. walaupun demikian resep kue talam juga rasanya tak kalah naknya dengan dua kue tersebut, cara buatnya juga sama-sama mudah dan peminatnya juga sama-sama dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa suka dengan menu yang satu ini.

Kue talam sendiri biasanya menggunakan bahan dasar dari ubi baik dari ubi jalar warna ungu maupun merah dan lainnya, namun yang kita pelajari hari ini adalah membuat kue talam dengan bahan dasar ubi merah yang tentu juga di padukan dengan beberapa bahan seperti santan dan tepung. proses memasaknyapun tidakt erlalu ribet hanya dengan cara mengkukusnya saja. teksturnya yang lembut dan agak kenyal seperti halnya resep kue ku isi enak. dari pada menambah rasa penasaran anda, yuk di simak cara buatnya.


===============
Bahan Kue Talam :
===============
1/4 kg ubi jalar merah, haluskan
400 ml santan encer
200 gram gula pasir
125 gram tepung sagu
125 gram tepung beras
200 ml air panas
1 bks vanili
1/4 sendok teh garam
=============
Bahan Lapisan :
=============
300 ml santan kental
50 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
1 bks vanili
garam secukupnya, sedikit aja

=====================
Cara Membuat Kue Talam :
=====================
1. Kukus ubi jalarnya kemudian kupas dan haluskan terlebih dulu. campurkan air panas dan tepung berasnya jadi sati hingga larut dan rata. tambahkan ubi jalar merah yang telah di haluskan dan garam ke dalam adonan.
2. Tuangkan tepung sagu dikit demi sedikit sambil di aduk rata. kemudian tambahkan pula dengan santan encer, vanili dan gula pasir. aduk sampai tercampur kemudian saring adonannya.
3. Panaskan kukus, kemudian olesi cetakan kuenya dengan sedikit minyak goreng dan masukkan 3/4 bagian adonan bahan satu ke dalam cetakannya. kukus sampai matang dan kaku kurang lebih 10-15 menitan.
4. Menunggu matang bisa mencampurkan semua bahan lapisan menjadi satu. aduk sampai semuanya tercampur rata dan kental.
5. Setelah kukusan cetakan pertama matang tuangkan bahan lapisan di atas adonan pertama hingga cetakan terpenuhi. kukus kembali selama 10 menit (lakukan hingga semua adonannya habis).
6. Hidangkan.

Keterangan :
- untuk ubi jalarnya bisa menggunakan ubi selain mera seperti ubi ungu. dan ketika proses mengkukus sebaiknya di beri kain agar air tidak menetas atau jatuh ke dalam adonan kue-keunya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Talam Enak
4.5/ 5
Oleh