Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak
Jawa Resep, Kue lumpur merupakan penganan ringan yang berbahan dasar dari tepung terigu, kentang, santan dan telur yang diberi taburan kismis di permukaan kue nya sebelum disajikan. Kue lumpur termasuk ke dalam katogori kue basah yang tak tahan lama ketika disimpan. Mengapa kue ini dinamai lumpur? karena kalau di lihat dari segi bentuknya sendiri memang agak sedikit basah dan padat seperti lumpur namun lembut. Kue ini juga merupakan cemilan dan jajanan pasar yang banyak disukai oleh orang-orang indonesia. Di beberapa acara-acara tradisional pasti juga mudah menemukan kue yang enak dan lembut ini, aroma yang harum, tekstur yang lembur dan rasa yang enak membuat kue ini banyak yang menyukainya. Jadi untuk kesempatan hari ini jawa resep akan berbagi cara membuat kue lumbur spesial yang enak dan lembut, dari pada menambah rasa keingintahuan anda langsung saja yu siapkan bahan-bahannya dan ikuti tips dan cara nya di bawah ini.


================
Bahan Kue Lumpur :
================
150 gram tepung serba guna
1/4 kg kentang
1/4 liter santan kental
4 butir telur ( yang di gunakan 4 kuning telur dan 3 putih telurnya )
150 gram gula pasir
150 gram margarin yang sudah di cairkan
40 gram susu bubuk
kismis secukupnya

======================
Cara Membuat Kue Lumpur :
======================
1. Pertama-tama kukus kentang hingga matang, angkat selagi panas dan langsung kupas kulit kentangnya. Setelah itu hancurkan kentang-kentang nya.
2. Siapkan wadah ukuran besar dan masukkan tepung terigu, kentang yang sudah di hancurkan, susu bubuk dan gula pasir ke dalamnya.
3. Selanjutnya aduk-aduk terus menggunakan mixer dengan kecepatan rendah saja hingga adonan tercampur rata.
4. Masukkan kuning dan putih telur nya serta santannya juga. Aduk-aduk lagi hingga rata dan sedikit terlihat mengembang.
5. Tambahkan margarin cair, kali ini matikan mixer dan aduk-aduk menggunakan spatula hingga menyatu rata dan pastikan aduknya sampai ke dasar wadah..agar argarin tidak tertinggal di dasar.
6. Panaskan cetakan kue lumpur terlebih dahulu menggunakan api sedang hingga cetakan benar-benar sudah panas kemudian langsung olesi dengan margarin.
7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, panggang adonan hingga setengah matang setelah itu masukkan dan taburkan kimis di atas kue lumpurnya.
8. Panggang kembali hingga kue lumpur matang. Selanjutnya dinginkan bentar dan hidangkan.


Demikian resep mudah dalam membuat kue lumpur yang sederhana, praktis dan tentunya enak ketika di makan, apakah Anda tertarik membuatnya?



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak
4.5/ 5
Oleh