Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado
Kue lampu-lampu adalah salah satu kuliner yang enak dan termasuk hidangan kue basah yang umumnya biassa di gunakan untuk acara arisan, perayaan adat tradisional dan biasanya juga mudah di temui di sore hari apalagi ketika bulan puasa, sangat cocok di hidangankan untuk menu berbuka puasa. kue lampu sendiri memiliki ciri khas yang unik dan lembut seperti resep kue pukis enak dan lembut. untuk buatnya sangat mudah hampir semua wanita dari manado pasti bisa dan mengenal proses pembuatan kue ini. namun bagi daerah lain yang ingin coba kelezatan dan enaknya kue basah ini tentu bisa buat sendiri di rumah, memang di daerah jawa dan sekitarnya kue yang satu ini belum cukup populer namun di daerah kawasan manado sekitarnya kue lampu-lampu adalah hidangan yang wajib dan pasti ada ketika berbuka puasa.

Proses pembuatannya sebenarnya cukup praktis dan warna hijau yang terdapat pada kue menggunakan air daun suji namun edisi dari jawa resep menggunakan  yang lebih praktis yaitu pasta pandan saja hal ini dapat mempercepat dan mempermudah cara buatnya dan semua bahan dapat di pastikan ada di toko kue terdekat dari rumah anda jadi tak perlu khawatir. rasanya nya maknyus mengalahkan lezatnya cara buat kue cubit lembut dan enak dan resep kue kering coklat kacang. sebenarnya kue lampu-lampu adalah jajanan yang murah meriah dan sangat merakyat harganya yang murah berbeda sekali dengan rasanya walaupun murah rasanya sangat lembut, empuk dan enak. penasaran ingin coba buatnya? ikuti terus proses pembuatan kue lampu edisi dari jawa resep masakan online.


============================
Bahan Kue Lampu-Lampu Manado :
============================
100 gram tepung beras
250 ml santan
2 lembar daun pandan
3 sendok makan gula jawa/merah
1/2 sendok teh garam
pasta pandan secukupnya
wadah takir secukupnya (terbuat dari daun pisang untuk wadah kue dan berbentuks eperti perahu)

==================================
Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Manado :
==================================
1. Persiapkan semua bahan yang di butuhkan setelah itu campur tepung beras bersamaan dengan santan kelapanya. tambahkan sedikit garam aduk hingga merata.
2. Masukkan pasta pandan secukupnya (sesuai selera) aduk kembali sampai rata. langkah berikutnya sisir tipis gula jawa yang sudah di siapkan tadi.
3. Selanjutnya tinggal masukkan sisiran gula jawa, letakan ke dalam wadah takir kemudian masukkan pula adonan campuran tepung di atasnya.
4. Kukus selama 7 menit / setengah matang kemudian tambahkan daun pandan dan kukus kembali sampai matang kurang lebih sekitar 10-15 menit.
5. Setelah matang di dinginkan dahulu dan kue lampu siap di hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado
4.5/ 5
Oleh