Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah
Kolak merupakan salah satu minuman tradisional dari indonesia yang umumnya lebih populer di tanah jawa dan sekitarnya. karena rasanya yang manis, segar dan enak membuat kolat cepat menyebar dan mudah familiar dengan lidah orang-orang baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua pun masih menyukai kolak. banyak sekali jenis makanan kolak yang ada saat ini, ada kolak pisang, kolak labu, kolak durian, ada yang unik juga kolak paris dan lainnya yang tentunya setiap kolak memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda. yang paling di sukai yaitu kolak pisang kolang kaling dan kolak labu namun yang di pelajari hari ini adalah mudahnya membuat kolak pisang sendiri dirumah jadi jenis pisang nya pun harus di tentukan terlebih dulu untuk membuat kolak enak jenis pisang nya adalah pisang tanduk seperti halnya resep cara membuat pisang coklat keju.

Kolak sendiri merupakan salah satu hidangan penutup, ada yang cara penyajiannya dengan air dingin adapula yang hangat. untuk buat kolak sendiri tak terlalu susah seperti yang kalian bayangkan selama ini, cukup dengan memotong pisang kecil dengan perpaduan santan akan membuat kolak semakin enak dan segar. cara membuat dari minuman kolak ini sangat berbeda dengan jenis minuman segar ataupun jus lainnya seperti sop soto durian yang biking ngiler ataupun dengan resep cara membuat jus alpukat spesial dan lezat. biasanya jus seperti itu sangat cocok di hidangkan di waktu santai bersama keluarga namun rasa kolak yang manis nan segar juga tak kalah enaknya di hidangkan di waktu santai, namun umumnya lebih cocok sebagai hidangan penutup, perayaan seperti arisan ataupun biasanya mudah sekali di jumpai sebagai menu berbuka puasa di bulan ramadhan. yuk di coba.


=================
Bahan Kolak Pisang :
=================
500 gram pisang tanduk
250 ml air matang
75 gram kolang kaling
75 gram santan instant / 1 bks
50 gram gula pasir
50 gram gula merah, rebus menggunakan sedikit air
1 lembar daun pandan

========================
Cara Membuat Kolak Pisang :
========================
1. Persiapkan semua bahan yang di perlukan, potong pisang kecil-kecil agak tipis dengan cara melebar, ukuran di sesuaikan selera.
2. Panaskan panci menggunakan api kecil dengan sedikit air kemudian rebus gula merahnya setelah jadi cair masukkan pula gula pasir sambil di aduk-aduk agar tercampur rata dengan gula merah cairnya.
3. Tuangkan air nya dan masukkan potongan pisang tanduk nya ke dalam panci rebusan. masak sampai pisang nampak berubah warnanya.
4. Tambahkan santan istant, kolang kaling, daun pandan ke dalam rebusan sambil di aduk-aduk terus. masak kurang lebih selama 5-7 menit hingga pisang terlihat empuk dan matang.
5. Hidangkan.

Keterangan :
Jika ingin memakannya dengan cara dingin, sebaiknya dinginkan dulu kolaknya agar tak panas kemudian sajikan di mangkuk saji bersamaan dengan es batu ataupun es serut di dalamnya. selamat coba.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.03.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh