Resep Cara Membuat Sosis Solo Enak Mudah

Resep Cara Membuat Sosis Solo Enak Mudah
Apa itu sosis solo? sosis solo adalah salah satu makanan tradisional indonesia yang banyak di temukan di daerah solo atau surakarta jawa tengah, rasanya yang enak dan mudah di terima lidah orang indonesia membuat menu yang satu ini menjadi salah satu makanan yang terlezat dan enak. sosis solo memiliki rasa yang unik manis, empuk, gurih serta agak sedikit asin dan crispy. bagi anda yang sedang mencari resep buat sosis solo yang enak dan sederhana sangatlah tepat membaca artikel yang akan kita bagikan hari ini karena kita bersama akan belajar buat sosis solo paling enak dan mudah. bentuk sosis solo memanjang seperti halnya resep cara buat lumpia semarang enak dan resep cara membuat risoles enak. namun tekstur sosis solo jauh lebih lembut dan empuk kayak resep cara buat kue dadar gulung. penasaran ingin cepat-cepat membuat menu yang enak ini yuk langsung saja siapkan bahan.


===============
Bahan Sosis Solo :
===============
1/4 kg daging ayam
2 butir telur ayam
2 siung bawang putih
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan garam
1/4 sendok teh merica
100 ml air
1/4 sendok makan royco rasa ayam
air secukupnya
minyak goreng secukupnya
==========
Bahan Kulit :
==========
1/4 kg tepung terigu
1/2 liter air
3 butir telur ayam
1 sendok teh garam

======================
Cara Membuat Sosis Solo :
======================
1. Pertama-taa buat kulitnya terlebih dahulu cukup dengan cara, campurkan semua bahan kulit menjadi satu. aduk-aduk sampai semuanya rata.
2. Kemudian langsung saring semua bahan yang terlah tercampur tadi menggunakan saringan kelapa atau semacamnya sampai mendapatkan larutan yang lembut (tak nampak gumpalan terigu). sisihkan.
3. Buat isinya dulu cukup dengan rebus daiging ayam hingga empuk dan matang. iris tipis atau bisa di suwir-suwir menggunakan tangan.
4. Haluskan bawang putih dan merica lalu langsung tumis menggunakan api besar hingga beraroma wangi. masukkan suwiran ayam dan air 100 ml aduk rata.
5. Bumbui dengan gula pasir, garam dan royco rasa ayam aduk kembali hingga merata jika kurang manis bisa tambahkan lagi 1 sendok makan gula pasirnya.
6. Ambil bahan kulit yang pertama di buat tadi bentuk atau cetkan kulitnya kemudian tambahkan isian di bagian tengah (sesuai selera jangan terlalu penuh).
7. Kemudian gulung dari sisi satu ke sisi yang lain hingga berbentuk memanjang. di wadah lain kocok lepas telur ayam nya buat olesan sosis.
8. Panaskan minyak panas di atas penggorengan ataupun teflon. olesi sosis dengan telur hingga semua bagian kena. masak/goreng sosis solo ayam di atas api kecil hingga matang kuning keemasan.
9. Sajikan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sosis Solo Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh