Resep Cara Membuat Kue Dadar Gulung Enak

Resep Kue Dadar Gulung. Dadar gulung merupakan tradisional yang berasal dari indonesia namun sudah menyebar sampai ke beberapa negara tetangga seperti malaysia. Di malaysia kue ini terkenal dengan kuih lenggang atau kuih ketayap yang bahan dan cara pembuatannya sama dengan cara mencampur tepung,telur, garam untuk kulitnya dan mencampur gula, kelapa,daun pandan untuk isinya yang isinya di letakan ke dalam tengah lembaran kulit kemudian di gulung-gulung dan menjadi kue gulung.

Sebelum nya kita juga pernah belajar bersama-sama dalam resep membuat kue coklat enak dan resep membuat donat kentang gurih untuk pertemuan hari ini bagaimana kalau buat yang lebih simple dan tradisional seperti resep kue dadar gulung. kue ini sangat identik dengan warna hijau untuk kulitnya dan parutan kelapa dan gula jawa untuk isinya. Hari ini kita akan belajar bersama mengolah dan membuat kue dadar gulung enak dan lembut, pastinya dapat anda sajikan bersama keluarga di rumah di waktu santai, weekend maupun waktu-waktu luang lainnya.

Resep Cara Membuat Kue Dadar Gulung Enak
Resep kue dadar gulung

====================
Bahan Kue Dadar Gulung :
====================
150 gr tepung terigu
1 btr telur ayam
50 gr tepung ketan hitam
3 sendok makan minyak goreng
1/2 sendok teh garam
air secukupnya
=========
Bahan Isi :
=========
1 butir kelapa agak tua
150 gram gula pasir
1/4 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam
1 lbr daun pandan

===========================
Cara Membuat Kue Dadar Gulung :
===========================
1. Untuk kulitnya campurkan semia bahan tepung, telur, garam dan sedikit air. Aduk-aduk hingga rata.
2. Masukkan tiga sendok makan minyak goreng, aduk-aduk sampai merata. Siapkan wajan datar ukuran 15-20 cm, olesi dengan sedikit minyak dan panaskan menggunakan api kecil.
3. Buat dadar kulit tipis dari adonan tadi di atas penggorengan/wajan datar, lakukan hingga semua adonan kulit habis. Kemudian ginginkan dan sisihkan.
4. Untuk isinya, potong kelapa menjadi 2 bagian, ambil dan kupas kelapa kemudian gunakan setengah isi parutan kelapa nya untuk bagian isi.
5. Campurkan dan jadikan satu, gula, garam, daun pandan, vanili bubuk dan kelapa yang sudah di parut. Aduk-aduk hingga rata.
6. Kukus isinya selama 10 menit hingga matang. Dinginkan bentar.
7. Kemudian ambil lembaran-lembaran kulit yang sudah tidak panas ( perhatikan dan berhati-hati saat memegang kulitnya agar tidak sobek ) lalu isi dengan bahan isi yang sudah di kukus sebanyak dua sendok makan ( dapat i sesuaikan selera ) lalu gulung-gulungkan kulitnya.
8. Sajikan.

Demikian resep membuat kue dadar gulur lembut dan enak. Untuk isinya anda juga dapat divariasikan dengan bahan selera anda misalnya seperti dengan pisang, coklat, nangka maupun bahan-bahan lainnya yang terasa enak di lidah anda. Selain di sajikan bersama keluarga di waktu santai biasanya kue dadar gulung juga terkenal untuk acara-acara arisan, acara-acara adat maupun pernikahan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.43.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Dadar Gulung Enak
4.5/ 5
Oleh