Resep Cara Membuat Kue Wajik Gula Merah Enak

Wajik atau pulut manis adalah salah satu jenis kue tradisional yang sangat populer di indonesia dan di percaya sudah ada sejak zaman dahulu. di beberapa daerah terkadang nama kue ini berbeda-beda namun orang tidak akan terlalu sulit mengenali kue yang enak dan legit ini. rasanya yang begitu manis, legit dan teksturnya yang lembut membuat wajik disukai oleh semua orang. yang paling disukai oleh orang-orang saat ini adalah wajik gula merah atau gula jawa ketimbang wajik lainnya, selain itu wajik gula merah yang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang di kukus membuat rasanya begitu enak. pesatnya perkembangan zaman kue wajik juga mudah sekali anda temukan di daerah-daerah tetangga indonesia seperti halnya singapura, thailand dan malaysia, itupun dengan sebutan yang berbeda-beda namun bahan dasar yang di gunakan sama. yang akan jawa resep bagikan kali ini yaitu buat kue wajik gula jawa dengan rasa yang begitu lezat dan lembut tentu bisa tahan hingga 3-5 hari bila di simpan di tempat yang sejuk.

Beberapa orang berpendapat buat kue wajik gula merah sendiri sangat sulit dan ribet terutama ketika memasaknya membutuhkan waktu lama, namun perlu di ketahui sebenarnya jika anda sudah terbiasa dalam buat kue wajik tak akan sulit, karena kue yang satu ini tergolong kue praktis dan simple dan semua orang dapat belajar membuat di dapur rumah anda. prosesnya sangat simple layaknya buat kue lembut lainnya seperti resep membuat kue lumpur dan resep kue ku. walaupun prosesnya agak susah menurut orang-orang namun bila dipelajari dan di praktekan langsung pastinya akan terasa sangat simple dan enak. kue wajik gula merah di indonesia sangat mudah di temukan penjualnya di semua daerah namun akan lebiht erasa nikmat bila bisa membuat sendiri dengan hasil yang lezat dan lembut.

Resep Cara Membuat Kue Wajik Gula Merah Enak
Resep kue wajik gula merah

=========================
Bahan Kue Wajik Gula Merah :
=========================
600 gram beras ketan
500 gram gula merah/jawa
1 butir kelapa, parut
4 gelas santan kental, bisa dari ambil air satu butir kelapanya dan di buat santan/ gunakan santan instant
3 lembar daun pandan
2 ruas laos, geprek
1/4 sendok teh garam
air secukupnya

=============================
Cara Membuat Kue Wajik Gula Merah :
=============================
1. Siapkan bahannya dan rendam beras ketan selama 3 jam di dalam air (biarkan semua beras ketan nya teredam).
2. Setelah beras ketan di rendam dan ditiriskan lalu langsung bisa di kukus hingga semua beras ketan nya lunak. selanjutnya tinggal disisihkan.
3. Panaskan wajan atau semacamnya dan tuangkan santan ke dalam nya rebus menggunakan api sedang. masukkan juga gula merahnya sambil di aduk-aduk.
4. Tambahkan garam, jahe dan daun pandan. aduk rata setelah merata diamkan sampai nampak mengering dan nampak kental pada campuran santan dan gula merah.
5. Masukkan beras ketan yang telah di kukus tadi ke dalam cairan kental gula merah dan santan. aduk-aduk merata selama 1-2 jam makin lama mengaduk nya makin baik dan akan terasa lebih legit enak.
6. Aduk terus sampai tidak lengket dan mengering. siapkan cetakan wadah saji berbentuk pesergi atau cetakan dan semacamnya.
7. Tuangkan adonan kue wajik ke dalam cetakannya dan langsung padatkan menggunakan tangan yang telah di lapisi plastik atau lainnya. padatkan adonan sampai benar-benar sepadat mungkin.
8. Dinginkan di udara terbuka. setelah dingin baru bisa di lepaskan dari cetakan dan potong kue wajik sesuai selera memanjang tipis atau lainnya sesuaikan saja.
9. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.22.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Wajik Gula Merah Enak
4.5/ 5
Oleh