Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak

Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak
Hayo ngaku siapa yang tak kenal dengan gandos? gandos merupakan salah satu jajanan pasar tradisional sejak zaman dahulu hingga sekarang masih mudah untuk kita jumpai. nah apa bedanya kue bandos dan kue pancong, kue tersebut sama saja namun istilah dalam penyebutannya saja yang berbeda. di jawa tengah dan jawa timur umumnya orang lebih cenderung menyebut kue enak ini dengan sebutan kue gandos sedangkan untuk daerah jawa barat terutama jakarta orang lebih suka menyebutnya dengan istilah kur pancong, harganya yang familiar dengan isi dompet anda membuat jajanan yang atu ini tidak kalah saing dengan jajanan dan masakan-masakan modern siap saji lainnya seperti resep cara membuat fried chicken maupun resep cara buat pizza enak.

Kue pancong sendiri terbuat dari adonan tepung beras yang di padukan dengan campuran santan kelapa yang di tambah dengan sedikit gara, kemudian cara mematangkan nya di dalam cetakan loyang yang berbentuk setengah lingkaran. dan biasnaya yang suka manis juga di hidangkan dengan taburan gula di atasnya. nah karena saya tidak suka ribet dan harus beli ini dan itu dan karena punyanya cetakan untuk resep cara membuat kue lumpur enak lembut dan harum tentunya saya memaksimalkan alat yang ada agar lebih hemat pengeluaran. jika ingin mencoba seperti saya juga tak masalah hasil dan rasanyanya tetap sama saja enak, gurih dan lembut cuma bentuknya yang agak sedikit berbeda. yuk di coba.


==================
Bahan Kue Pancong :
==================
1/4 kg tepung beras
1 buah kelapa  jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda
1/2 sendok teh garam
75 ml santan
gula pasir secukupnya

========================
Cara Membuat Kue Pancong :
========================
1. Langkah pertama cukup kupas dan parut kelapa kemudian campurkan dengan garam nya, nah airnya bisa di buat untuk santan atau tidak bisa beli santan siap saji akan lebih praktis.
2. Siapkan wadah dan campurkan parutan kelapa dan garam  bersamaan dengan tepung beras. selanjutnya langsung diaduk hingga merata.
3. Tuang semua santan matang nya namun secara perlahan dikit demi sedikit sambil  di aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis
4. Panaskan cetakan menggunakan api kecil bisa di olesi dengan sedikit amrgarin dulu ataupun bisa langsung masukkan adonan ke dalam cetakannya.
5. Masukkan adonan ke dalam cetakan kemudian tutup rapat setelah nampak kering matang kemudian angkat dan letakan ke dalam piring saji. lakukan hingga semua adonan habis.
6. Jika yang suka manis taburi gula pasir di atas kue pancongnya ketika masih panas. kemudian dinginkan sebentar agar tak terlalu panas.
7. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak
4.5/ 5
Oleh