Resep Cara Membuat Tekwan Enak

Resep Cara Membuat Tekwan Enak
Tekwan merupakan salah satu menu asli palembang indonesia yang umumnya berbahan dasar dari ikan tengiri dan tepung sagu yang di buat kecil-kecil membentuk-bola-bola dan di hidangkan dengan cara seperti layaknya sebuah sup yang di beri bihun, daun bawang seledri dan bahan lainnya sebagai pelengkapnya. makanan yang satu ini sangat enak, segar dan gurih. karena rasa nya yang populer hampir di sudut kota palembang pasti ada yang menjualnya, sebenarnya untuk buat sendiri cukup mudah dan cara nya pun hampir mirip dengan resep sup ikan segar dan resep sayur sop ayam yang gurih enak.

Bahan-bahan untuk buat tekwan sangat praktis dan terbilang mudah di temukan di pasar ataupun supermarket terdekat dari rumah anda. di tambah aroma harum dari pemakaian bunga sedap malam membuat sup ini menjadi tambah wangi dan segar saja. menu yang satu ini memang belum terlalu populer keseluruh nusantara seperti resep pempek palembang. memang saat ini hanya bisa di temukan di daerah sumatera saja namun perlu di ketahui bahwa jika anda ingin mencoba dan merasakan kelezatan sup tekwan ini sangatlah tepat datang ke artikel resep sat ini karena disini kita akan belajar bersama membahas bagaimana mengolah dan membuat tekwan yang enak, gurih dan lezat.


=============
Bahan Tekwan :
=============
1/4 kg ikan tengiri segar
1/4 kg bengkuang
150 gram tepung sagu tani
150 gram udang
7 siung bawang putih
1/2 sendok makan merica bubuk
1/2 sendok makan garam
2 butir telur ayam, gunakan putihnya saja
2 sendok makan mentega
2 batang daun bawang
2 batang seledri
2 sendok makan bawang goreng
30 gram sedap malam, bila suka
30 gram jamur kuping, bila suka
air matang secukupnya

====================
Cara Membuat Tekwan :
====================
1. Kupas dan cuci bersih duangnya kemudian rebus udang menggunakan 1 1/2 liter air matang di atas api sedang hingga mendidih. saring dan sisihkan (untuk kaldu rebusan udang jangan di buang). cincang ikan tengiri dan udangnya.
2. Campurkan ikan tengiri yang sudah di cincang halus, putih telur, garam dan merica aduk sampai merata. langkah selanjutnya bisa rendam terlebih dahulu jamur kuping dan sedap salah di tempat terpisah hingga lunak.
3. Rebus air kurang lebih sebanyak 1000 ml menggunakan api kecil saja. kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seperti bakso.
4. Masukkan bulatan adonan ke dalam air yang mendidih. masak matanglalu bisa di tiriskan atau sisihkan terlebih dahulu.
5. Haluskan bawang putih, merica dan garam kemudian panaskan mentega dan tumis bumbu yang telah di haluskan sampai wangi.
6. Masukkan udang ke dalam tumisan masak hingga berubah warna kemudian tambahkan sedap malam yang sudah lunak dan jamur kupingnya juga. masak sebentar dengan cepat.
7. Masukkan tumisan tersebut ke dalam kaldu udang pada langkah pertama. didihkan kembali kaldunya aduk-aduk masukkan bengkuang dan bulatan ikan yang telah matang ke dalam panci.
8. Masak sampai matang aduk-aduk terus dan biarkan mendidih kurang lebih 10-15 menit menggunakan api kecil.
9. Tambahkan irisan daun bawang dan irisan seledri. siapkan mangkuk saji dan tuangkan sup ke dalam mangkuk dan beri taburan bawang goreng.
10. Sajikan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tekwan Enak
4.5/ 5
Oleh