Resep Cara Membuat Pempek Palembang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Pempek Palembang Enak Mudah
Pempek merupakan salah satu menu masakan atau jajanan enak yang berasal dari sumatera lebih tepatnya daerah palembang dan sekitarnya, karena rasanya yang cocok dengan kebanyakan lidah orang indonesia membuat menu masakan yang ini ini menjadi menu jajanan enak yang di santap untuk menu siang hari maupun sore hari sebagai jajanan yang enak dan gurih. bahan dasar yang di gunakan dalam membuat pempek adalah tepung sagu dan ikan tengiri. tak hanya di palembang saja anda dapat menemukan penjual pempek sangat banyak sekali di nusantara ini baik di pulau jawa dan kalimantan terutama kota-kota besar sudah banyak pedagang yang menjual menu enak ini.

Biasanya jika anda membeli di resto ternama maupun warung makan khusus penjual pempek pasti ada hidangan menu minuman segar seperti halnya resep cara membuat jus semangka sederhana atau bahkan menghidangkankan nya dengan menu minuman sehat resep buat jus tomat paling enak sedunia. banyak sekali jenis dan macam menu pempek mulai dari bentuk kapal selam yang berisi campuran telur dan adonan maupun bentuk biasa yang memanjang. dan tak lupa adalah kuah nya yang asam-asam manis atau yang lebih di kenal cuko atau kuah cuka sangat cocok di hidangkan bersamaan dengan pempek palembang. yuk langsung praktekan membuat pempek edisi Jawa Resep.


======================
Bahan Pempek Palembang :
======================
1/2 gram tepung sagu
1/4 kg ikan tengiri giling
1/4 kg tepung terigu
1 sendok makan ebi
100 gram bawang putih atau sekitar 13 hingga 15 siung, cincang kasar
100 ml air es
125 gram gula jawa
7 buah cabai hijau rawit
1/2 bungkus penyedap rasa royco rasa ayam
1/2 sendok makan garam
20 ml air asam jawa
air secukupnya
minyak goreng secukupnya
telur ayam secukupnya untuk isian bila suka

============================
Cara Membuat Pempek Palembang
============================
1. Siapkan ikan tengiri yang telah di giling kemudian campur dengan garam, penyedap rasa royco dan air es. aduk merata.
2. Tambahkan tepung sagu dan tepung terigu pada adonan ikan. aduk kembali sampai rata dan nampak kenyal. uleni terus hingga kalis dan campur rata.
3. Lumuri telapak tangan dengan sedikit tepung dan bentuk adonan nya memanjang lonjong ataupun bisa bentuk kapal selam yang tenaghnya di beri isian telur. atau di variasikan bentuk biasa dan bentuk isi telur.
4. Rebus air hingga mendidih dan masukkan pempek yang telah di bentuk ke dalam rebusan air mendidih menggunakan api kecil saja. lakukan hingga semua adonan terbentuk habis. (ukuran bentuk sesuai selera).
5. Maska hingga pempek mengapung kemudian bisa anda angkat dan tiriskan dahulu. panaskan minyak goreng banyak.
6. Goreng pempek di atas minyak panas, bolak-balik terus agar matangnya merata jangan terlalu lama ntar pempeknya bisa meledak.hehe..becanda. jika udah nampak kering bisa di angkat. sisihkan.
7. Buat kuah cukanya dulu, masukkan gula jawa dan air asam jawa ke dalam air secukupnya saja. kemudian masak sampai mendidih.
8. Tambahkan garam, bawang putih, cabai rawit dan ebi ke dalam larutan gula jawa yang di rebus. aduk rata dan rebus hingga semua nya tercampur rata dan didihkan kembali sebentar saja.
9. Siapkan mangkuk saji dan potong pempek yang telah di goreng sesuai selera, lumuri dengan kuah cuka nya.
10. Hidangkan selagi hangat dan beri sedikit irisan mentimun sebagai pelengkap.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.40.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Pempek Palembang Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh