Resep Cara Membuat Soto Betawi Enak Mudah

Soto betawi merupakan salah satu kreasi jenis menu soto tradisional khas Indonesia, tentu nya selain di hidangkan sebagai menu sup soto betawi juga tergolong ke dalam jenis soto yang sangat populer di indonesia. memang jenis soto nusantara ini banyak sekali jenis dan macam nya ada soto betawi, soto tauco, soto benung, soto daging dan juga soto ayam setiap sajian resep memiliki bumbu dan rasa yang unik yang pasti nya patut untuk di coba semua. untuk kesempatan hari yang cerah ini jawa resep akan berbagi cara dan mengajarkan membuat soto betawi yang mudah dan sederhana namun menghasilkan cita rasa yang begitu enak dan layak untuk di sajikan sebagai menu rutin di jadwal mingguan memasak kalian. soto betawi tak hanya populer di kawasan kota jakarta saja hampir seluruh indonesia orang yang suka soto pasti mengetahui jenis soto yang satu ini.

Untuk membuat soto betawi sangatlah mudah dan praktis dengan bumbu seperti hal nya buat soto pada umum nya namun kuah soto betawi jelas berbeda karena memakai perpaduan santan cair dan juga susu namun rasa nya akan terasa sangat gurih enak kuah nya selain itu sedap dan membuat ketagihan bila mencoba menu masakan yang satu ini. beberapa hari yang sebelumnya telah di bahas beberapa resep spesial lain nya mulai dari resep kue churros enak dan juga resep otak-otak tengiri enak. nah untuk kesempatan kali ini kita akan bersama-sama belajar tuk buat soto betawi dengan rasa yang lezat gurih dan enak pasti nya dengan cara yang semudah mungkin agar bisa di pahami. soto betawi ini memang enak nya di makan di siang hari tuk menu makan siang apalagi di tambah sajian resep bakwan jagung pasti nya cita rasa soto betawi ini menjadi lebih berkarakter, tentu nya membuat soto betawi sendiri tak sesulit bayangan kalian selama ini walaupun bahan nya banyak dan kebanyakan orang bilang sulit namun yang akan kita pelajari sangat mudah sekali, yuk di simak bersama.

Resep Cara Membuat Soto Betawi Enak Mudah
Resep soto betawi

===============
Bahan Soto Betawi :
===============
250 gram daging sapi
200 ml susu cair125 ml santan
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 buah kentang besar
1 buah tomat besar
3 lembar daun jeruk1/2 sendok makan merica
2 butir kapulaga
2 batang serai
1 butir kembang lawang
gula pasir secukupnya
garam secukupnyadaun seledri secukupnya
daun bawang secukupnya
sambal secukupnya
emping bila ada

=======================
Cara Membuat Soto Betawi :
=======================
1. Cuci da bersihkan daging seperti biasa lalu di rebus menggunakan air matang dan tambahkan sedikit garam, biarkan daging nya sampai lunak (kalau ingin lebih cepat pakai presto sekitar 25 menit saja).
2. Haluskan bawang putih, merah dan juga merica menggunakan ulekan saja lalu di tumis sampai wangi bersamaan juga dengan daun jeruk dan serai.
3. Masukkan daging yang telah di rebus, kembang lawang, dan juga kapulaga aduk sebentar agar bumbu meresap nya rata.
4. Tambahkan bumbu gula pasir dan juga garam seperlunya kemudian tuangkan susu cair dan juga santan secara bergantian di aduk terus sampai mendidih agar tak pecah.
5. Untuk kentang nya bisa potong kecil-kecil kemudian di goreng sebentar saja agar menjadi kentang goreng lalu di sisihkan, sedangkan untuk tomat juga di iris/potong.
6. Ambil mangkuk saji susu kentang goreng, irisan tomat dan juga daging dalam mangkuk tersebut kemudian siramkan kuah soto ke dalam mangkuk.
7. Tambahkan irisan daun bawang dan juga daun seledri. Hidangkan ketika masih panas/ hangat bersamaan dengan sambal dan juga emping bila ada.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.03.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Soto Betawi Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh