Resep Cara Membuat Otak-otak Tengiri Enak

Otak-otak merupakan salah satu sajian yang berbahan dasar dari ikan yang umumnya menggunakan ikan tengiri sebagai bahan utamanya, olahan otak-otak sendiri cukup menarik baik untuk santapan bersamaan dengan nasi putih ataupun hanya sebagai cemilan untuk menghilangkan rasa lapar. rasa otak-otak tengiri sangat lembut dan enak. di indonesia sendiri banyak sekali variasi dan khas otak-otak yang enak namun dengan bentuk dan cara pengolahan yang berbeda-beda di setiap daerah. oleh sebab itu jawa resep hari ini akan berbagi cara mengolah otak-otak dengan rasa spesial dan enak tentunya di sukai oleh semua kalangan terutama anak-anak.

Kandungan ikan tengiri yang kaya protein juga dapat menyehatkan tubuh di tambah rasa ikan yang enak dan lezat dan baunya tidak terlalu menyengat seperti ikan lain membuat otak-otak di minati oleh semua orang, olahan dari ikan tengiri memang sebanarnya banyak sekali seperti resep sebelumnya saja kita pernah belajar bersama membuat resep pempek palembang dan resep tekwan enak yang semuanya juga berbahan dasar dari ikan tengiri yang masih segar. namun yang akan kita pelajari bersama adalah membuat otakotak dengan cita rasa yang khusus apalagi cara penyajiannya di bungkus dengan daun pesang aroma wangi nya juga akan tambah enak. yuk di coba.

Resep Cara Membuat Otak-otak Tengiri Enak
Resep otak-otak tengiri

====================
Bahan Otak-otak tengiri :
====================
1/4 kg ikan tengiri segar
100 ml santan
125 gram tepung sagu
125 gram es batu
2 batang daun bawang, iris tipis
3 siung bawang putih
1 butir telur, gunakan bagian putih saja
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan garam
daun pisang secukupnya

==========================
Cara Membuat Otak-otak Tengiri :
==========================
1. Pertama-tama seperti biasa mengolah ikan ya harus cuci bersih dan pisahkan kulit, daging dan tulang ikan tengirinya. memang agak sedikit butuh waktu lama.
2. Selanjutnya tinggal siapkan blender dan haluskan daging ikan tengiri, tepung sagu, santan, es batu, bawang putih, garam, gula dan putih telur beserta daun bawang yang sudah di iris ke dalam blender.
3. Setelah halus terbentuklah adonan otak-otak tengiri, selanjutnya ambil satu sendok makan adonan dan bungkuskan dengan daun pisang, lakukan kesemua adonannya sampai habis.
4. Kukus otak-otak ke dalam dandang selama 10-15 menit sampai matang atau daun pisang nampak agak coklat kehitaman.
5. Hidangkan otak-otak selagi hangat bersamaan dengan saus sambal kacang otak-otak tengiri nya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Otak-otak Tengiri Enak
4.5/ 5
Oleh