Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Enak Mudah

Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Enak Mudah
Aneka olahan cumi memang kalau beli di resto-resto adalah salah satu menu makanan yang terbilang mahal, namun jika bisa membuat sendiri seperti resep ayam penyet paling enak dan empuk tentu kondisi keuangan anda jauh lebih hemat ketimbang membeli siap santapnya. untuk kesempatan hari ini kita akan belajar bagaimana buat resep masakan cumi asam manis yang tentunya begitu lezat dan enak. caranya yang mudah dan praktis membuat semua orang baik pemula yang sedang belajar memasak di pastikan bisa mencobanya, perpaduan antara cumi-cumi segar dengan mentega membuat aromanya begitu enak dan rasanya terasa asam-asam manis gurih gimana gitu yang jelas sangat maknyus.

Membuat cumi asam manis memang hampir sama dengan resep olahan cumi lainnya layaknya resep masakan cumi bakar pedas manis enak. yang tentu sangat simple, namun bilamana kalau cumi bakar proses mematangkannya di bakar sedangkan untuk cumi asam manis prosesnya jauh lebih mudah hanya dengan cara memasak layaknya mematangkannya dengan di tumis cepat dan tak membutuhkan waktu lama dalam membuatnya, tak percaya? yuk langsung praktekan saja dan persiapkan dulu bahan-bahannya.


=====================
Bahan Cumi Asam Manis :
=====================
125 gram cumi segar
125 ml air matang
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 sendok makan kecap asin 
5 sendok makan mentega/margarin
1 sendok makan baking powder
1 sendok makan minyak sayur
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir
4 sendok makan saus tomat

===========================
Cara Membuat Cumi Asam Manis :
===========================
1. Pertama-tama seperti biasa cuci dan bershkan cuminya kemudian buang bagian kantong tinta hitamnya dan potong juga bagian kepala cumi-cuminya.
2. Setelah itu potong daging cuminya ukuran bebas namun jangan terlalu besar dan kecil. cuci kembali dan taburi dengan garam dan baking powder pada seluruh bagian cumi.
3. Diamkan cumi selama 10 menit, menunggu itu anda bisa cincang halus bawang putih dan bawang bombainya terlebih dulu
4. Panaskan margarin di atas api besar, kemudian tumis bawang sampai beroma wangi. masukkan cumi yang telah di diamkan tadi dan masukkan pula saus tomatnya. aduk ya.
5. Tambahkan bumbu seperti merica dan gula juga ke dalam tumisan aduk-aduk terus hingga rata. masak menggunakan api kecil saja.
6. Tuangkan air matang ke dalam tumisan cumi sedikit demi sedikit sambil di aduk agar tercampur rata. masak dan biarkan sampai air nampak susut dan cumi-cumi matang.
7. Setelah matang matikan api dan beri sedikit kecap asin. aduk-aduk sebentar agar tercampur dengan bahan lainnya.
8. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh