Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Sederhana

Resep Apem Selong, Jawa timur adalah salah satu tempat yang kaya akan kuliner unik dan menarik seperti sebelumnya juga ada resep ayam penyet paling enak ataupun jenis masakan lainnya yang lezat dan tentunya sudah familiar di indonesia. banyak sekali masakan jawa timur yang populer hingga kesuluruh nusantara ini baik makanan ringan maupun hidangan-hidangan menu utama. tetapi yang akan kita pelajari dan buat bersama hari ini adalah kue apem selong yang merupakan salah satu penganan tradisional yang tentunya banyak di jumpai di daerah jawa timur dan jawa tengah. kue ini tergolong kue basah yang tentunya tidak akan bertahan lama bila di simpan namun tenang saja walaupun demikian kue apem adalah salah satu kue tradisional indonesia yang tentunya sangat di sukai semua kalangan terutama anak-anak.

Rasanya yang manis dan lembut membuat semua orang menyukai kue ini, kue apem berbentuk melingkar tipis layaknya resep cara membuat kue serabi pandan khas bandung enak. rasa kue nya sama-sama lembut dan agak terasa manis enak, kue basah apem selong sangat mudah di beli di pasar-pasar tradisional daerah jawa timur, namun bagi anda yang tak sempat untuk membelinya apalagi jauh-jauh ke jawa timur anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan praktis serta biaya yang relatif murah. bagi anda yang sedang cari artikel belajar cara memasak dan membuat kue apem selong sangatlah cocok bila mencoba resep yang akan kita bagikan hari ini, yuk dari pada penasaran langsung di coba saja.

Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Sederhana
Resep kue apem selong

=====================
Bagan Kue Apem Selong :
=====================
500 gram tepung beras
150 gran tepung kanji
750 ml santan kental kelapa
250 ml air kelapa
250 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
ragi instan, saya menggunakan 1/2 bungkus fermipan

==========================
Cara Membuat Kue Apem Selong :
==========================
1. Siapkan bahan dan didihkan santan nya sambil di aduk-aduk terus hingga mendidih agar tak pecah. selanjutnya sisihkan dulu dan dinginkan agar tak panas.
2. Siapkan wadah untuk mencampurkan tepung beras bersamaan dengan gula, campur aduk dan tuangkan air kelapa ke dalam adonan. aduk sampai kalis.
3. Ambil wadah lain dan campurkan tepunmg kanji, fermipan/ragi instant dan daun pandan selanjutnya tuangi denan santa kental yang sudah di didihkan tadi. aduk merata ya.
4. Campurkan adonan pertama dan adonan ke dua menjadi satu aduk sampai semuanya tercampur rata dan diamkan selama 1 jam di ruang terbuka.
5. Panaskan wajan menggunakan api kecil kemudian ambil adonan menggunakan sendok/centong sayur dan cetak di atas wajan. tekan-tekan bagian tengah adonannya agar pinggirnya nampak kering.
6. Setelah itu tutup wajan dan biarkan apem selong matang. Hidangkan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Apem Selong Sederhana
4.5/ 5
Oleh