Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak

Resep Bubur Ayam, Bubur ayam adalah makanan asli Indonesia yang cocok di sajikan untuk menu sarapan pagi. Pembuatannya seperti nasi biasa namun di masak dengan air yang lebih banyak sehingga menjadi tekstur yang lembut dan berair yang disajikan dengan irisan / suwiran daging ayam, daun bawang kecap dan bumbu lainnya membuat cita rasa bubur ayam menjadi lebih khas dan enak. Kandungan gizi yang tinggi pada bubur ayam menjadikan menu makanan ini juga cocok untuk bayi, anak-anak dan orang sakit.

Di indonesia sendiri jenis dan macam-macam bubur sangat banyak mulai dari tradisional maupun khas daerah seperti halnya resep membuat bubur manado enak dan resep bubur sumsum enak yang penah kita bahas beberapa hari lalu juga ada. semunya memiliki rasa yang berbeda-beda namun sangat enak dan mudah sekali familiar dengan lidah orang indonesia. namun yang akan di pelajari hari ini adalah buat bubur ayam sederhana dan praktis. bubur ayam sendiri biasanya di santap ketika hangat sebagai menu sarapan pagi, namun sebenarnya bubur dapat di makan kapan saja ketika anda mau. Untuk kesempatan pagi yang cerah ini Jawa Resep akan berbagi cara belajar membuat bubur ayam yang enak. Membuat makanan yang satu ini sangat praktis dan mudah karena pembuatannya yang tidak memakan waktu lama dan semua bahannyapun mudah di dapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat di kota anda. Langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan praktekan.

Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak
Resep bubur ayam
================
Bahan Bubur Ayam :
================
1/4 kg beras
1/2 kg daging ayam segar
1 batang daun bawang, iris tipis
2 liter air
1 liter air kaldu
1 1/2 sendok makan garam
2 lembar daun salam
1/4 butir biji pala
1/2 liter air rebusan ayam
minyak goreng secukupnya
kecap manis secukupnya
===========
Bumbu Halus :
===========
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 butir kemiri
1/4 sendok teh ketumbar
2cm kunyit
merica secukupnya
==============
Bahan Pelengkap :
==============
2 batang daun bawang iris halus
1 sendok makan bawang goreng
2 batang seledri, iris halus
sambal secukupnya
kerupuk secukupnya
======================
Cara Membuat Bubur Ayam :
======================
1. Potong dan cuci ayam hingga bersih, rebus ayam ke menggunakan air. Tambahkan garam dan rebus hingga mendidih. Angkat ayam dari air rebusan tadi dan sisihkan kuah / air rebusannya
2. Masak beras, garam, daun salam dan air kaldu. Aduk-aduk terus hingga menjadi bubur.
3. Tumis bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, merica dan pala yang sudah di haluskan hingga beraroma harum.
4. Masak 1/2 liter air rebusan tadi dengan menambahkan garam dan kecap manis serta daun bawang hingga mendidih.
5. Sajikan bubur ayam dengan suwiran ayam, bawang goreng, seledri. Kemudian siramkan kuah secukupnya saja dan tambahkan sambal dan kerupuk di atasnya.

Demikian resep membuat bubur ayam yang enak edisi Jawa Resep yang dapat anda coba, Anda juga dapat menambahkan sate telur puyuh, maupun di variasikan dengan beberapa bahan sesuai variasi anda yang pastinya akan cocok dan enak ketika di makan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.14.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak
4.5/ 5
Oleh