Resep Cara Membuat Kue Sarang Semut Sederhana Enak

Kue sarang semut adalah salah satu kreasi kue basah tradisional indonesia yang tentunya sudah tak asing lagi di telinga anda, rasa kue yang manis, lezat, empuk membuat semua orang menyukainnya apalagi anak kecil banyak sekali yang menginginkannya. sebelumnya juga kita bersama-sama telah banyak belajar buat kue dengan variasi coklat manis seperti puding cup coklat dan cara membuat kue choco chip gurih dan renyah. tentunya sudah pernah di coba kan di dapur anda? tentunya kalau belum juga dapat di buat karena semua bahannya juga familiar termasuk yang akan kita pelajari bersama hari ini adalah resep buat kue sarang semua cake coklat yang tentunya dengan rasa manis dan lembut.

Walaupun memang sebenarnya mudah sekali mendapatkan kue basah yang satu ini namun bilamana bisa buat sendiri dan di santap bersama keluarga di rumah di waktu santai seperti ini tentu jauh lebih mengasyikan dan enak, sebelumnya belum di jelaskan ya apa itu kue sarang semut? kenapa kue ini disebut demikian karena memang bentuknya seperti halnya sarang atau bahasa indonesianya adalah rumah semut yang memang sangat mirip sekali dengan kue yang satu ini, jadi yang belum pernah coba kue yang satu ini jangan sampai menyesal dah karena kue satu ini adalah salah satu kue paling populer di indonesia terutama di daerah jawa. menikmati kue sarang semut di temani dengan resep cara buat sup durian enak juga akan menambah suasana lebih nyaman ketika menikmatinya. memang umumnya kue ini mudah di temukan ketika acara-acara arisan, pernikahan ataupun perayaan adat jawa lainnya, namun selain itu juga bisa di santap kapan saja bila anda bisa buat sendiri, tertarik untuk buat dan merasakan kelezatan kue basah yang satu ini? yuk di coba.

Resep Cara Membuat Kue Sarang Semut Sederhana Enak
Resep kue sarang semut

====================
Bahan Kue Sarang Semut :
====================
125 gram tepung terigu
100 gram mentega
250 gram gula pasir
250 ml air matang, yang masih panas
100 ml susu kental manis rasa coklat, saya gunakan indomilk
75 gram tepung maizena
4 butir telur ayam
1/4 sendok makan baking powder
1/4 sendok makan soda kue

===========================
Cara Membuat Kue Sarang Semut :
===========================
1. Panaskan wajan tanpa minyak ya menggunakan api kecil, masukkan gula sebarkan di atas wajan dan tunggu agar nampak sedikit mencair tuang dengan air matang yang masih panas. selanjut diaduk sampai rata.
2. Selanutnya setelah di aduk pakai spatula dan membentuk karamel larut bisa matikan kompornya dan diamkan dulu agar tak panas.
3. Setelah tak terlalu panas (masih hangat) masukkan mentega dan susu kental manis, campur aduk dan panaskan api kecil tunggu hingga mentega mencair. selanjutnya angkat dan sisihkan.
4. Siapkan wadah lain dan kocok telur lepas kemudian tambahkan tepung terigu, maizena, baking powder dan soda kue. aduk sampai semua menjadi satu.
5. Masukkan campuran karamel dan mentega ke dalam adonan, aduk hingga merata dan tak ada gumpalan. tuangkan adonan ke dala loyang (olesi loyang dengan sedikit margarin).
6. Panggang ke dalam oven bersuhu 170 derajar celcius hingga matang, kurang lebih sektiar 30 menitan saja.
7. Potong-potong kue sesuai selera dan hidangkan kue semut.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Sarang Semut Sederhana Enak
4.5/ 5
Oleh