Resep Cara Membuat Es Cendol Enak Mudah

Resep Cara Membuat Es Cendol Enak Mudah
Es cendol adalah jenis salah satu minuman terpopuler hingga sekarang rasanya yang manis dan cepat menghilangkan dahaga di trik panasnya sinar matahari di siang hai membuat es cendol di minati semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa. es yang terbuat dari tepung beras ini juga sangat menyehatkan dan di percaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan ataupun radang. es cendol sangat populer di daerah jawa dan sekitarnya namun karena rasanya yang enak dan mudah di terima oleh semua lidahn orang indonesia menu yang satu ini menjadi minuman yang enak dan cepat menghilangkan dahaga anda.

Minuman segar cendol berbeda dengan jenis-jenis minuman dingin ataupu jus lainnya seperti cara membuat jus alpukat spesial dan lezat ataupun jus tomat. walaupun berbeda namun semua rasa jus tersebut enak. es cendol sekarang ini masih mudah di temukan di jalan, kios pedagang minuman dan jalanan lainnya. namun terkadang orang khawatir proses pembuatan cendol dari pedagang kaki lima karena ada beberapa pedagang yang melakukan perbuatan yang tak sepantasnya membuat cendol dari obat-obatan dan airnyapun tak hiegenis seperti kabar berita akhir-akhir ini memang banyak sekali penjual cendol nakal yang mencampurkan bahan kimia baju ke dalam makanan yang efeknya sangat berbahaya walaupun tidak semua pedagang seperti itu namun tingkat kewaspadaan anda harus di tambah agar tidak mengakibatkan penyakit pada diri anda. bentuknya yang lembut dan agak kenyal membuat bentuk cendol seperti resep wedang ronde komplit, namun jika ronde lebih berbentuk bulat sdangkan cendol agak memanjang. yuk langsung buat saja cendolnya agar dapat merasakan kesegaran minuman enak ini.


==============
Bahan Es Cendol :
==============
125 gram tepung beras
1/2 liter santan
1/4 kg gula merah
1 sendok makan pasta pandan
1 sendok makan air kapur sirih
1 lembar daun pandan
20 lembar daun suji
air matang secukupnya
es batu/es serut secukupnya

======================
Cara Membuat Es Cendol :
======================
1. Tumbuk halus terlebih dulu daun sji nya kemudian letakan dalam wadah dan campurkan dengan sedikit air kurang lebih 200 ml air/ 1 gelas untuk dapat air sujinya.
2. Campurkan tepung beras, pasta pandan, air kapur sirih, air suji tadi dan tambahkan 1 gelas air matang lagi aduk-aduk hingga rata.
3. Masak menggunakan api kecil sampai mendidih. dan nampak menjadi mengental layaknya bubur.
4. Siapkan wadah berisi air dan es secukupnya saja lalu saring bubur hijau yang telah di buat tadi menggunakan saringan cendol di atas wadah air dan es nya dan jadilah cendolnya.
5. Untuk kuahnya campurkan gula jawa, satu gelas air matang dan satu lembar daun pandan, masak sampai mendidih hingga gula larut dan tercampur rata bersama airnya. lalu saring juga.
6. Siapkan mangkuk atau wadah/gelas dan semacamnya. tata rapi dan tuangkan cendol ke dalamnya, beri sedikit kuah gula jawanya sebagai pemanis dan tuangkan santan ke dalamnya. aduk-aduk hingga semua tercampur.
7. Sajikan selagi dingin.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Es Cendol Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh