Resep Cara Membuat Kue Eclair Enak

Resep Cara Membuat Kue Eclair Enak
Eclair merupakan kue lembut dan enak yang berasal dari eropa lebih tepatnya negara perancis. selain populer di negeri para model itu kue ini juga sangat terkenal dan menyebar luas di seluruh mancanegara termasuk di indonesia sendiri kue yang satu ini di akui keenakannya. menurut beberapa orang kue eclair sudah ada sejak zaman penjajahan dulu. eclair sendiri merupakan salah satu variasi dari kue sus walaupun bentuknya lebih besar rasanya juga akan sama-sama enak namun cara buat kue eclair berbeda dengan cara membuat kue sus pada umumnya. walaupun nampak keras ketika di lihat namun kelembutan dan keenakan kue ini tak kalah dengan resep cara buat kue cubit.

Biasanya di indonesia kue ini sangat cocok di hidangkan untuk kumpul bersama keluarga, teman bahkan untuk acara arisan juga bisa dan untuk kumpul malam tahun baru imlek sebagai menu resep kue imlek juga cocok karena kue yang satu ini tepat untuk di hidangkan kapan saja ketika berkumpul ria bersama keluarga tercinta. hari ini kita akan mengulas mudahnya membuat kue eclair yang sederhana, mudah dan praktis tetapi menghasilkan rasa yang enak, lembut dan gurih ketika di makan, silahkan ikuti caranya di bawah ini.


================
Bahan Kue Eclair :
================
1/4 liter susu cair
1/4 sendok makan baking powder
100 gram tepung terigu
100 gram mentega
cokelat cair secukupnya sebagai topping
===========
Bahan Vla :
===========
1/4 liter susu kental evaporated/ evaporasi, saya gunakan merk kalengan yang berlabel F&N
3 sendok makan susu kental manis
125 gram gula pasir
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan margarin
2 sendok makan tepung maizena
3 butir telur, gunakan kuningnya saja
vanilli secukupnya

======================
Cara Membuat Kue Eclair :
======================
1. Langkah pertama cukup didihkan susu cair berserta mentega hingga mendidih dan campurkan aduk rata. tambahkan tepung terigu ke dalamnya.
2. Masak kembali menggunakan api kecil, aduk merata hingga adonan lembut dan kalis, serta tdak melekat pada pancinya. dinginkan agar tidak panas.
3. Setelah dingin dan tidak panas letakan pada wadah besar tambahkan kuning telur secara bersamaan dengan di mixer. aduk-aduk merata masukkan ke dalam plastik kue segitiga atau piping bag.
4. Bentuk adonan dengan cara menyemprotnya memanjang di atas loyag yang telah di olesi mentega. panggang adonan di dalam oven bersuhu 190 derajat celcisus hingga mengembang dan bewarna kuning keemasan.
5. Setelah matang bisa anda angkat dan dinginkan, menunggu kue dingin bisa buat vlanya terlebih dahulu.
6. Siapkan panci atau semacamnya. masak dan campur jadi satu semua bahan vla kecuali mentega menggunakan api kecil saja hingga meletup dan mendidih. aduk-aduk rata. dinginkan sebentar.
7. Setelah eclair dan vlanya dingin dan tak panas baru isikan vla pada eclairnya dan tambahkan coklat cair di atasnya sebagai topping
8. Sajikan.

Demikian resep membuat ke eclair enak, oh ya jangan memasakukan telur ketika adonan panas karena tidak akan mengembang. selamat coba di rumah.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Eclair Enak
4.5/ 5
Oleh