Resep Cara Membuat Kue Bugis Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kue Bugis Enak Mudah
Kue bugis adalah salah satu jenis kue basah tradisional khas sulawesi yang sudah ada sejak zaman penjajahan dulu. rasanya yang enak dan bentuk agak bulat sedikit meruncing ke atas membuat kue ini nampak unik dan beberapa orang penasaran sekali dengan asal usul kue bugis yang enak ini. walaupun di sulawesi kue ini cenderung lebih di kenal dengan kue bugis namun di daerah lainnya memang terkadang namaya berbeda-beda. seperti halnya di jawa saja kue ini lebih di kenal sebagai kue mendut hijau yang memang umumnya bewarna hijau dari daun pandan. dan di sumatera kue ini juga memiliki nama lain di daerah padang contohnya kue ini biasa di namai dengan kue lapek bugis yang dari ketiga sebutan itu semua bahan, cara membuat dan bentuknya sama hanya sedikit penyebutannya saja yang berbeda. di jawa kue ini sangat mudah di temukan di pasar-pasar tradisional di daerah jawa timur dan jawa tengah terutama bagian selatan jawa mudah sekali menemukan penjual kue ini.

Resep kue hari ini yang akan kita pelajari bersama adalah mudahnya buat kue bugis ketan hitam yang lembut dan enak, kelembutannya bisa mengalahkan resep kue keranjang imlek terbaru dan resep puding lapis mangga coklat enak. kue bugis sendiri hanya berbahan dasar parutan kelapa yang di padukan dengan gula jawa dan bahan khas lainnya yang memberikan rasa lembut, enak, lezat dan manis ketika di gigit dan di makan. tentunya sangat nikmat jika di makan sebagai cemilan di waktu santai. biasanya kue bugis juga di hidangkan untuk menu acara ariasan, menu berbuka puasa maupun hari-hari perayaan lainnya yang tentu sangat cocok di makan kapan saja layaknya memakan menu utama sehari hari seperti resep cara membuat ayam kentucky ala KFC enak. ingin coba menu enak yang satu ini yuk langsung di praktekan saja.


===============
Bahan Kue Bugis :
===============
75 gram tepung kanji
30 gram tepung ketan
1/4 liter santan kentan
125 gram kelapa parut 
125 ml air matang
125 air daun pandan
125 gram gula jawa, sisir
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan air kapur sirih
1/4 sendok makan garam
daun pisang secukupnya

====================
Cara Membuat Kue Bugis :
====================
1. Pertama-tama buat isian nya terlebih dahulu, cukup dengan merncampurkan kelapa parut, gula pasir, gula jawa, garam, dan air matang menjadi satu. aduk rata dalam panci.
2. Masak dan didihkan sebentar sampai meletup-letup sambil di aduk-aduk setelah itu bisa di angkat dan dinginkan serta di sisihkan dulu.
3. Untuk bagian kulit luar nya campurkan tepung kanji dengan air kapur sirih dan air daun pandan aduk rata sampai adonan kalis.
4. Tuang juga dikit demi sedikit tepung ketan nya dan masukkan air santan nya, uleni sampai rata dan kalis. diamkan selama 10 menit.
5. Selanjutnya ambil 1 sendok makan adonan lalu pipihkan tipis dan berilah isian kue bugis yang sudah agak dingin (tak terlalu panas) di atas pipihan nya. bulatkan lagi dan bentuk agak bulat memanjang.
6. Siapkan kukusan yang sebelumnya sudah di alasi daun pisang kemudian kukus kue nya selama 10-15 menit saja lalu angkat.
7. Hidangkan bersama keluarga, namun untuk acara- acara arisan, untuk di jual ataupun lainnya bisa di bungkus denga daun pisang kue bugisnya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Bugis Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh