Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Enak

Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Enak
Jawa Resep, Tongseng merupakan masakan berbahan dasar daging kambing dan bumbu kuah yang khas pekat dan kental seperti halnya gulai kemudian di beri sayuran seperti kol, tomat, kubis, daun salam dan bumbu rempah-rempah lainnya. Selain berbahan dasar dari daging kambing ada pula tongseng daging sapi yang enak seperti yang pernah di bahas waktu lalu oleh jawa resep.Tongseng sangat mudah di temukan di daerah jawa tengah terutama daerah solo dan sekitarnya banyak sekali yang menjual menu makanan ini. Hampir di sudut-sudut jalan pinggir kota setiap sore dan malam banyak yang menjual dan mudah anda temukan baik dari penjual yang di pikul maupun warung makan khusus tongseng.

Tongseng tidak hanya ada di jawa tengah karena pesatnya perkembangan zaman tentunya tongseng juga menyebar luas di beberapa wilayah indonesia dan di akui keenakan dan kelezatannya. Daging tongseng sendiri sangat lembut dan empuk ketika di gigit, pastinya bagi anda yang suka kambing perlu mencoba resep enak ini. beberapa waktu yang lalu ada resep soto daging sapi dan juga resep ayam bakar juga ada pastinya dapat di coba dan sajikan tuk menu rutin makan hidangan rumah anda. sedangkan tuk hari ini kita akan belajar bersama bagamana cara mengolah dan membuat tongseng kambing yang enak dan benar, silahkan ikuti cara dan tipsnya di bawah ini.

====================
Bahan Tongseng Kambing :
====================
1/4 kg daging kambing segar
1/4 liter air
5 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 buah tomat, potong menjadi 4 bagian setiap tomat nya
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1/2 sendok makam garam secukupnya
1/4 sendok teh gula pasir secukupnya
1/4 sendok teh lada bubuk
1/2 ruas jahe
1/2 ruas laos
1 batang serai
3 buah cabai rawit hijau ( dapat di sesuaikan )daun kol / kubis, iris tipis secukupnya
kecap bango secukupnya
bawang goreng secukupnya

============================
Cara Membuat Tongseng Kambing :
============================
1. Pertama-tama potong daging kambing menjadi beberapa bgaian, jangan terlalu besar maupun kecil lalu cuci hingga bersih.
2. Langkah berikutnya cincang halus bawang merah dan bawang putih nya, lalu tumis bawang putih dan bawang merah sebentar saja hingga beraroma.
3. Masukkan lengkuas, daun salam, serai, jahe, laos dan daun jeruk, campurkan hingga rata dan tumis hingga layu.
4. Tuangkan setengah dari bahan air nya lalu masukkan potongan daging kambing ke dalam nya, tambahkan sisa airnya aduk dan masak hingga air menyusut atau menjadi kuah gule kental.
5. Masukkan cabai hijau ( tanpa di iris ), potongan tomat, gula, lada, merica dan garam ( cek rasa apabila kurang asin bisa tambahkan garam nya lagi ).
6. Selanjut nya masukkan kubis atau daun kol dan kecap ke dalam tongseng, aduk hingga tercampur rata. masak hingga mendidih dan matang.
7. Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk saji ukuran besar / wadah saji. Taburi dengan bawang goreng di atasnya.
8. Santap tongseng kambing selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.38.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Enak
4.5/ 5
Oleh