Resep Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bali

Ayam goreng bumbu bali cara membuat dan mengolah nya hampir mirip dengan membuat ayam bumbu kecap edisi jawaresep yang sudah ada di  postingan sebelumnya. Cara nya yaitu merebus ayam terlebih dahulu agar menjadi empuk kemudian mencampurkan bumbu-bumbu yang di tumis dan menjadikan satu dengan ayam secara di goreng. Ayam yang kaya akan protein dan vitamin sangat di favorit semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa hampir semuanya menyukai ayam dan berkembangnya zaman yang pesat banyak sekali variasi ayam yang unik dan khas sesuai daerah masing-masing, seperti yang akan kita bahas dan belajar bersama membuat ayam goreng untuk bumbu bali edisi jawa resep. yang pastinya tidak lupa bahwa masakan-masakan indonesia apalagi yang khas-khas daerah pasti cukup identik dengan yang namanya bumbu rempah-rempah dan pedas.

Banyak sekali macam-macam olahan ayam yang di olah menjadi sangat enak akhir-akhir ini seperti halnya resep membuat resep kentucky kfc dan resep membuat ayam penyet paling enak. makanan lezat tersebut memang lagi trend akhir-akhir ini dan banyak di buru ibu-ibu di dapur apalagi yang ingin coba belajar membuatnya sendiri pasti resep tersebut sangatlah cocok di terapkan. pembahasan kali ini adalah bagaimana buat ayam goreng khas bali yang tentu dengan bumbu spesialnya juga dan untuk bahannya sendiri tenang saja karena di jamin banyak tersedia di pasar-pasar tradisional terdekat di kota anda dan aktu membuat ayam goreng bumbu bali ini juga tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menitan saja. Yuk dari pada menambah rasa penasaran anda lebih baik langsung persiapkan bahan-bahannya dan ikuti cara mengolah dan membuat nya di bawah ini.

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bali
Resep ayam goreng bumbu bali

==========================
Bahan Ayam Goreng Bumbu Bali :
==========================
1 ekor ayam segar
2 sendok makan garam
2 lembar daun salam
1/2 sendok makan gula
1/4 sendok teh merica bubuk
3 sendok makan minyak goreng
1 buah air jeruk nipis
air secukupnya untuk merebus dan memasak
===========
Bumbu Halus :
===========
5 siung bawang putih
7 buir bawang merah
1 buah tomat
3 buah cabai rawit
4 buah cabai merah keriting
7 buah cabai merah besar1/2 bks mini terasi udang

================================
Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bali :
================================
1. Cuci dan bersihkan ayam hingga bersih dan tidak nampak darah. Potong ayam menjadi beberapa bagian 10 hingga 15 bagian potong.
2. Siapkan wadah dan taruh ayam  ke dalam wadah kemudian berilah dengan satu sendok makan garam serta air perasan jeruk nipis. Diamkan 10 menit dan didihkan air.
3. Bersihkan dan cuci kembali ayam dan masukkan ayam ke dalam air yang mendidih hingga empuk dan setengah matang.
4. Haluskan dan jadikan satu semua bumbu halusnya, kemudian panaskan minyak menggunakan api besar.
5. Tumis semua bumbu halus dan daun salam hingga beraroma wangi. Masukkan ayam yang sudah di rebus tadi ke dalam tumisan. Aduk terus hingga berubah warna.
6. Masukkan gula, merica dan sisa garamnya. Aduk hingga merata, tambahkan setengah liter air ke dalam tumisan tersebut.
7. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut atau hingga ayam sudah matang.
8. Sajikan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.08.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bali
4.5/ 5
Oleh