Resep Cara Membuat Ote Ote Enak

Resep Cara Membuat Ote Ote Enak
Anda pernah memakan bakwan? selain tempe dan tahu bakwan merupakan salah satu masakan gorengan yang sangat populer di indonesia jadi hampir semua orang pernah mencoba dan merasakannya baik anak-anak hingga orang dewasa, nah bagaimana kalau Ote-ote? apa itu ote-ote, berikut sedikit penjelesannya bahwasannya ote-ote itu adalah sejenis sebutan atau nama lain dengan bakwan, selain dengan nama ote-ote bakwan khas jawa timur ini terkadang di sebut juga dengan bala-bala. bentuk ote-ote ya hampir mirip seperti halnya bakwan sayur dan bakwan jagung. untuk membuatnyapun tak terlalu sulit hanya seperti membuat bakwan namun ada beberapa isian yang lebih berbeda.

Ote-ote cenderung lebih enak karena menggunakan beberapa bahan spesial walaupun ada beberapa yang bahan yang sama layaknya bakwan. yang membedakkan adalah ote-ote menggunakan bahan isian seperti daging ayam yang membuat orang lebih menyukainya ketimbang bakwan biasa. Di pasar tradisional di daerah jawa timur terutama surabaya tentu sangat banyak penjual ote-ote dengan isian yang berbeda-beda dari daging sapi, daging ayam bahkan hingga udang. harga nyapun cenderung lebih mahal ketimbang bakwan sayur dan jagung namun kualitas rasa nya bisa di akui sangat lembut dan lezat. Yang tak sempat membelinya bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah.


=============
Bahan Ote-ote:
=============
125 gram tepung terigu
200 ml air matang
50 gram tepung beras
1 butir telur ayam
1 sendok teh garam
1 batang daun bawang, iris
1/4 sendok teh merica
cabai rawit hijau secukupnya
minyak goreng secukupnya
============
Bahan Isian :
============
100 gram fillet ayam
1 siung bawang putih
1/2 butir bawang bombay
1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendij makan kecap manis bango
40 ml air
1 sendok makan mentega
gula secukupnya
merica secukupnya
garam secukupnya

=====================
Cara Membuat Ote-ote :
=====================
1. Pertama buat isiannya cukup dengan cara merebus ayam hingga empuk kemudian di lanjutkan dengan cincang bawang bombai dan bawang putih hingga halus.
2. Tumis menggunakan menteha bawang putih dan bawang bombai hingga harum dam masukkan ayam ke dalam tumisan serta bumbu atau bahan lain nya yang telah di haluskan. tambahkan air dan garam serta merica. setelah matang sisihkan dulu.
3. Untuk bahan ote-otenya cukup dengan mencampur semua bahan dari tepung terigu, tepung beras, telur, garam, daun bawang dan air. selanjutnya bisa di aduk hingga rata.
4. Bentuk adonan seperti mangkuk atau pie (untuk membentuknya bisa gunakan sendok mangkuk sayur).
5. Cukup dengan menuangkans satu sendok makan adonan kedalam mangkuk sayur ukuran yang cukup besar dan jangan terlalu kecil (tak terlaluu besar sih ukuran sedang saja).
6. Tambahkan satu sendok teh ayam tumis di atas adonan dan tutupi kembali dengan 1/2 sendok makan adonan. siram minyak banyak yang panas kedalam mangkuk sayur.
7. Bilamana sudah nampak coklat pada pinggiran sendok mangkuk  (centong ukuran besar) langsung kikis dan pindahkan ote-ote ke dalam wajan (lakukan kesemua adonan).
8. Goreng hingga matang. selanjutnya di sajikan bersamaan cabai rawit ketika masih hangat.


Keterangan :
- Untuk membentuk adonan ote-otenya bisa gunakan sendok mangkuk sayur (centong). selain memakai cara itu anda bisa masak langsung ke dalam wajan dengan cara melapis seperti cara tadi, adonan dulu, kemudian isian dan terakhir adonan kembali.
- Apabila memakai sendok sayur sebelumnya bisa di beri minyak panas dulu agar mudah di kikis dan tak lengket atau menempel ketika di pindahkan ke dalam wajan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ote Ote Enak
4.5/ 5
Oleh