Resep Cara Membuat Sambal Matah Enak Mudah

Apa itu sambal matah, sudah pernah dengar? atau baru pertama kali mendengarnya, sambal amtah merupakan salah satu jenis sambal asli indonesia yang tentu nya memiliki cita rasa begitu pedas enak dan di sukai oleh semua orang, sambal mata berasal dari bali dan hampir semua warung makan ayam goreng ataupun lainnya menyediakan jenis sambal matah asli bali ini. tak hanya orang indonesia saja yang menyukainya wisatawan mancanegara yang datang ke bali juga menyukainya bahkan ketagihan bila memakannya. walaupun banyak penjual sambal matah tentu nya buat anda yang di luar bali memang agak sulit menemukan sambal khas bali ini sementara ini kalian bisa membuat sambal matah sendiri di rumah dengan cita rasa asli bali yang begitu enak. untuk buat sambal matah sendiri sangatlah mudah dan praktis tak seperti bayangan anda selama ini karena proses dan caranya hampir sama dengan membuat sambal bawang ataupun buat sambal lainnya. di indonesia sendiri sambal matah memang kurang familiar dan populer namun kelezatan tak perlu di ragukan lagi karena hampir semua orang yang baru pertama kali mencobanya pasti akan merasa ketagihan dan mengatakan enak, bagi kalian yang suka sambal pastinya tak kan lewatkan sajian sambal matah khas bali yang satu ini.

Sambal matah juga sangat terasa manis pedas yang begitu enak lezat, sambal ini juga bisa di hidangkan dengan jenis-jenis masakan yang di goreng ataupun menu makanan utama lainnya seperti layaknya resep fried chicken ataupun resep ayam rica rica. sambal matah umumnya di goreng terlebih dahulu layaknya sambal goreng, walaupun namanya matah itu berbeda dengan sambal mentah yang tanpa di goreng jadi sambal matah ini bisa tahan lama bila di simpan sampai 2-3 hari kedepan. untuk bahan-bahannya sendiri juga mudah di temukan di pasar tradisional maupun swalayan karena bahan-bahannya sangat familiar terdengar dan pastinya ada di dapur anda, seperti bawang merah, sereh, cabai, terasi, garam dan gula layaknya buat sambla pada umumnya sambal matah juga memakai bahan tersebut. hanya berbeda pada proses pembuatan dan proses mematangkannya saja, untuk buat sambal pada umumnya cabai dan beberapa bahan di halusnya menjadi satu nah berbeda sekali dengan sambal matah yaitu dengan caa memotong kecil-kecil atau mengiris pada semua bahan lalu di padukan jadi satu dan kemudian di goreng dengan sedikit minyak akan membuat rasa sambal matah menjadi terasa spesial banget, silahkan langsung siapkan bahan yang akan di perlukan tuk buat sambal matah edisi jawaresep hari ini.

Resep Cara Membuat Sambal Matah Enak Mudah
Resep sambal matah

==================
Bahan Sambal Matah :
==================
12 buah cabai merah
6 buah cabai rawit hijau
10 butir bawang merah
3 sendok makan minyak sayur
2 batang serai
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
1/2 sendok makan terasi udang
garam secukupnya
gula secukupnya

========================
Cara Membuat Sambal Matah :
========================
1. Untuk pertama cukup siapkan bahan lalu langsung potong / iris kecil cabai merah, hijau, bawang merah nya juga (jangan terlalu tipis/ terlalu kecil).
2. Kemudian potong juga serainya ambil putihnya saja lalu potong kecil juga dan campurkan dengan potongan bawang dan cabai menjadi satu.
3. Tambahkan gula, garam dan juga terasi udang bersamaan dengan air jeruk nipis kedalamnya campur aduk menjadi satu, kemudian siapkan sebuah wajan penggorengan.
4. Panaskan sedikit minyak sayur/ goreng campuran sambal matah menggunakan api sedang sebentar saja bolak balik hingga merata dan matang.
5. Hidangkan dengan menu makanan lainnya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.29.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sambal Matah Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh