Resep Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo

Resep Ayam Bakar Wong Solo, Kalau bilang ayam bakar khas solo atau biasa kita kenal dengan ayam bakar wong solo sangat populer di indonesia banyak warung makan solo di kota-kota anda yang menyajikan ayam bakar yang enak ini. Ayam bakar solo rasanya yang enak dan empuk membuat saya teringat terus akan keenakan dan kelezatannya karena beberapa hari lalu saya sudah mencoba memakannya di alun-alun kota pekalongan namun setelah saya bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya mereka tidak sungkan untuk memberikan resep yang khas dan unik ini.

Sebelumnya kita telah membahas dan belajar bersama pada resep membuat ayam goreng kecap manis dan resep membuat ayam goreng bumbu bali enak. untuk itu kesempatan hari ini kita akan belajar membuat ayam khas wong solo yang empuk dan enak edisi warung solo..hehe.. Membuat ayam bakar ini hampir mirip dengan membuat ayam bakar pada umunya seperti dengan cara menggoreng dan mencampurkan dengan bumbu tumisan yang enak kemudian baru di bakar hingga matang. Namun yang membedakan ayam bakar biasa dengan ayam bakar wong solo pastinya cita rasa yang khas dan beberapa bumbu yang pas dan enak bila di padukan dengan ayam bakar ini. Langsung saja kita praktekan membuat ayam bakar khas solo dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Resep Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo
Resep ayam bakar wong solo

======================
Bahan Aya Bakar Khas Solo :
======================
1 ekor ayam segar
7 sendok makan kecap bango4 sendok makan gula merah, yang sudah di iris halus
2 lbr daun salam
1 btg serai, memarkan
2 sendok makan air asam jawa
4 sendok makan minyak goreng
1/2 liter air secukupnya
arang secukupnya untuk membakar ayam
===========
Bumbu Halus :
===========
7 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1 sendok teh garam
1 ruas jahe
1 sendok teh ketumbar
1 ruas lengkuas
1 ruas kunyit
penyedap rasa ayam secukupnya

==============================
Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo :
==============================
1. Cuci dan bersihkan ayam sampai bersih, potong-potong menjadi sepuluh bagian ayam. Pastikan bersihkan hingga tidak terlihat lagi ada darah segar dalam ayamnya.
2. Haluskan semua bumbu halus menjadi satu dan merata, panaskan minyak menggunakan api besar.
3. Setelah minyak panas tumis semua bumbu halus dan daun salam hingga beraroma harum.
4. Masukkan batang serai, irisan gula merah, air asam jawa, ayam dan kecap manis bango ke dalam tumisan bumbu halus. Kemudian aduk-aduk sampai merata.
5. Tambahkan air dan sedikit penyedap rasa, masak hingga bumbu mengental, ayam terlihat empuk dan setengah matang. Matikan api dan diamkan selama 10 menit saja.
6. Siapkan pembakaran bara api panggangan / grill/semacamnya. Bakar ayam di atas bara api yang panas hingga matang, sesekali olesi menggunakan bumbu tumisan tadi dan jangan lupa untuk membolak-balik ayam agar ayam matang merata.
7. Sajikan.

Demikian resep membuat ayam bakar khas wong solo yang enak, biasanya menu seperti ini sangat cocok di sajikan bersamaan dengan nasi putih untuk menu makan malam bersama keluarga anda, apabila anda membeli di warung makan dengan cap wong solo pastinya akan juga di sajikan bersamaan dengan sambal pedas.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.27.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo
4.5/ 5
Oleh