Resep Cara Membuat Soto Khas Medan Asli

Sudah tak asin lagi kalau mendengar kata masakan soto, karena memang sudah banyak jenis resep soto di Indonesia yang populer dan kali ini adalah resep soto khas kota medan rasanya asli banget dan enak menyegarkan. pagi hari yang cerah memang cocok menghidangkan soto medan, selain itu sajian masakan soto satu ini juga bisa di jadikan menu makan siang anda yang terbilang spesial dan istimewa karena cita rasa soto khas dari kota medan rasanya sangat luar biasa. kalau di daerah sumatera memang yang terkenal adalah soto medan lalu soto makassar sementara itu di daerah jawa sendiri juga yang paling populer dan familiar dengan lidah orang jawa sendiri sukanya adalah jenis menu resep soto ayam tauco enak. nah berbeda tuh kalau di daerah jawa barat dan sekitarnya yang di sukai adalah soto betawi, namun beberapa daerah lebih tertarik dengan masakan daerah lain jadi yang sedang mencari resep soto medan bisa mencoba sajian ini. untuk kesempatan hari ini jawa resep akan mengajak kalian semua belajar kuliner asli kota medan yang rasanya enak menyegarkan yaitu soto medan.

Soto medan memang tak perlu lagi diragukan akan rasanya dan untuk bahan nya sendiri hampir sama seperti buat soto daging jeroan pada umumnya namun yang membedakan adalah bumbu rempah dapur yang di gunakan. untuk membuat soto khas medan asli sangatlah mudah dan praktis, buat sendiri di rumah juga bisa dan tak terlalu ribet kalau buat sendiri walaupun kalau anda dari kota medan sebenarnya mudah sekali menemukan penjual masakan spesial ini. nah bagi anda yang berasal dari luar kota medan jangan bersedih karena mulai sekarang bisa buat soto medan asli di rumah sendiri. setelah beberapa menu resep sebelumnya di bahas adalah resep ayam penyet enak dan juga ada masakah daerah spesial yaitu resep ayam goreng bumbu bali enak bagaimana kalau hari ini buat soto medan yang lezat juga? tentu menarik bukan, karena soto medan ini yang membedakan dengan jenis soto lainnya adalah pemakian santan nya yang lebih banyak ketimbang masakan soto lainnya. untuk rasa tak perlu ragu lagi, silahkan di coba langsung resep soto asli medan berikut ini.

Resep Cara Membuat Soto Khas Medan Asli
Resep soto khas medan asli

=========================
Bahan Soto Khas Medan Asli :
=========================
1/4 kg dagung sapi, potong-potong
500 ml santan cair
250 gram jeroan, bila suka
3 cm laos
1/2 butir biji pala
1/2 sendok makan lada putih
irisan daun bawang secukupnya
irisan daun seledri secukupnya
telur rebus dan bawang goreng pelengkap
===========
Bumbu Halus :
===========
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 butir kemiri
2 ruas jahe
2 sendok teh ketumbar bubuk
3 cm kayu manis
4 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan jinten

==============================
Cara Membuat Soto Khas Medan Asli :
==============================
1. Rebus jeroan dan daging sapi nya, kemudian masukkan biji pala. Sementara daging di rebus haluskan dulu bumbu halusnya.
2. Tumis bumbu halus tadi bersamaan dengan lada, daun salam dan lengkuas hingga wangi. Angkat langsung masukkan saja tumisannya ke dalam rebusan daging sapi.
3. Kecilkan api rebusan daging nya kemudian tuangkan santan cair kedalam nya, masak dengan api kecil saja sambil diaduk hingga matang. Koreksi rasanya.
4. Ambil sebuah mangkuk saji ukuran yang besar kemudian masukkan potongan daging sapi baru jeroanya bila pakai.
5. Tuangkan dengan kuah sotonya setelah itu taburi dengan irisan daun seledri dan daun bawang. Beri juga kecap manis, bawang goreng serta potongan telur rebus.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.55.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Soto Khas Medan Asli
4.5/ 5
Oleh