Resep Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Enak

Resep Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Enak
Resep cara buat ayam bakar dan resep cara buat udang bakar sudah sangat familiar dan sudah biasa anda coba, nah bagaimana dengan nasi bakar? makanan yang satu ini sangat unik dan hanya di temukan di indonesia, karena nasi bakar adalah salah satu masakan tradional indonesia yang sekarang ini mudah di jumpai penjual di pinggir-pinggir sudut kota anda dan mudah untuk membelinya. proses membuat nasi bakar tidak terlalu ribet dan susah, pada umumnya berbahan dasar nasi putih biasa yang di bumbui dengan berbagai aneka macam rempah-rempah, seperti serai, cengkeh maupun lainnya yang di padukan menjadi satu bumbu yang menghasilka rasa yang khas dan lezat ketika di santap.

Membuat nasi bakar tak teralu sulit bisa di bilang malah nasi bakar ikan lebih mudah di buat ketimbang resep cara buat nasi uduk enak. perlu anda ketahui nasi bakar tidak langsung nasi nya yang di bakar, namun di bungkus terlebih dahulu dengan kulit daun pisang dan kemudian di bakar di atas bara api arang yang panas hingga tercium aroma yang enak. Nasi bakar banyak sekali macam dan variasi unik bahannya, seperti dari daging seafood atau ikan, dari daging ayam, dari daging sapi, jamur bahkan telur, tempe juga bisa di padukan jadi satu menjadi nasi bakar yang enak. yang jawa resep ulas hari ini adalah resep nasi bakar kan spesial yang enak an mudah di buat.


======================
Bahan Nasi Bakar Ikan :
======================
125 gram beras putih, merk bebas
125 gram ikan teri
350 ml santan (tidak perlu kental)
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 batang daun bawang
5 buah cabai rawit hijau2 buah cabai merah keriting
1 buah cengkeh
2 lembar daun salam
1 batang sereh
1/4 sendok teh garam
minyak goreng secukupnya
arang secukupnya
daun pisang secukupnya

===========================
Cara Membuat Nasi Bakar Ikan :
===========================
1. Masak beras dan santan encer, sereh, daun salam dan garam secara bersamaan hingga air nampak meniris dan menyusut.
2. Kukus nasi aronan beras sampai matang. jika sudah matang sisihkan terlebih dulu, kemudian siapkan bahan lainnya pada satu tempat.
3. Iris tipis kecil-kecil daun bawang, bawang putih, bawang merah, cabai hijau da cabai merah keritingnya. panaskan sedikit minyak dengan api besar.
4. Tumis semua irisan tersebut di atas wajan panas hingga berbau wangi. masukkan ikan teri ke dalam tumisan. aduk-aduk dan goreng hingga merata dan ikan matang. kemudian matikan apinya.
5. Ambil tumisan ikan teri dan bumbu yang telah matang dan campurkan pada nasi yang telah matang di kukus tadi, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
6. Bunkus campuran nasi ikan teri ke dalam daun piang hingga tertutup rapat (tak ada celah /lubang terlihat). cara membungkusnya bisa sesuai selera yang terpenting tertutup rapat.

7. Bakar nasi ikan teri yang telah terbungkus di bara api arang sampai matang dan daun pisang bewarna kecoklatan (jangan terlalu lama dalam membakarnya nanti nasi akan mengeras).
8. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.53.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Enak
4.5/ 5
Oleh