Resep Cara Membuat Kue Mangkok Enak Mudah

Apa sih kue mangkok itu dan apakah bentuknya seperti mangkuk? Kue mangkok adalah salah satu jajanan pasar yang tergolong dalam penganan yang berbahan dasar dari perpaduan tepung beras dan tepung terigu nah karena kali ini kue mangkoknya spesial yaitu resep kue mangkok gula merah tentu bahan dasar yang dipakai yang umumnya menggunakan tapai singkong kali ini memakai gula jawa/ gula merah sebagai dasarnya. kue mangkok juga termasuk kue tradisional yang sangat populer di Indonesia, kue basah yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional ini sudah ada sejak zaman dahulu di bawa para pedagang cina yang masuk indonesia dan hingga kini rasa dan keunikan kue mangkok tetap terjaga. membuat kue mangkok tak sesulit bayangan kamu selama ini sebenarnya buat kue mangkok sendiri juga bisa di kerjakan dengan mudah dan tak butuh waktu lama, kalau ada anak di rumah juga bisa kok belajar buat kue mangkok sendiri di rumah apalagi kalai di bantu pastinya jauh lebih sederhana dan menghemat waktu dalam pembuatan resep kali ini.

Untuk membuat kue mangkok sangatlah mudah dan praktis, dari bahan dasar yang mudah di temukan namun perlu di ketahui bahwa membuat kue mangkok tentu harus punya cetakan kue mangkoknya agar rasa dan bentuknya bisa sesuai dan apabila tak punya cetakan nya bisa menggunakan cetakan-cetakan yang mirip dengan kue mangkok ini. Kue mangkok gula merah kali ini juga biasa di peruntukan untuk pembuka menu buka puasa di bulang puasa/ ramadan dan di hari biasa kalau ada acara-acara sederhana arisan keluarga, arisan tetangga maupun acara kecil biasanya kue mangkok biasa di jadikan menu yang wajib ada untuk tamu. setelah beberapa hari lalu membahas jenis-jenis kue modern seperti resep bolu kukus karakter enak, resep kue keranjang enak hingga juga ada resep bolu zebra panggang yang enak. pada kesempatan hari yang cerah ini jawaresep akan menginformasikan dan memberikan tips cara buat kue mangkok yang rasanya lezat, enak dan empuk, silahkan bisa ikuti caranya di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Mangkok Enak Mudah
Resep kue mangkok

=================
Bahan Kue Mangkok :
=================
1/4 kg gula jawa/ gula merah
1/4 liter air matang
1/4 kg tepung beras
150 gram tepung terigu
300 ml santan cair
2 buah daun pandan, campurkan dengan sedikit air
1/2 sendok makan baking powder
1/2 sendok makan garam
1/4 sendok makan ragi instant

=========================
Cara Membuat Kue Mangkok :
=========================
1. Pertama-tama sisir gula merahnya dahulu/ potong agar tak terlalu besar-besar. untuk daun pandannya campurkan dengan sedikit air. Siapkan sebuah panci.
2. Rebus gula merah bersamaan dengan air serta daun pandan tadi hingga mendidih. Di wadah lain siapkan tepung berasnya juga letakan ke dalamnya.
3. Tuangkan didihan/ rebusan air gula merah ke dalam tepung beras kemudian di aduk hingga merata. Tambahkan tepung terigu, garam bersamaan juga dengan baking powder dan ragi instant.
4. Tuangkan santan sambil di aduk merata. setelah semua bahan tercampur diamkan selama 30-45 menitan hingga adonannya mengembang.
5. Masukkan adonan tersebut dalam loyang kue mangkoknya yang telah di olesi dengan sedikit minyak. Kukus kue mangkok hingga matang kurang lebih hanya sekitar 20 menitan saja.
6. Setelah kue matang bisa dinginkan dulu baru hidangkan agar tak terlalu panas.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Mangkok Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh