Resep Cara Membuat Kue Lapis Jongkong Enak

Resep Cara Mmebuat Kue Lapis Jongkong Enak
Kue jongkong merupakan salah satu kue basah tradisional yang tak tahan lama bia di simpan, walaupun seperti itu rasanya yang legit dan enak tentu membuat anda merasa lapar dan ingin memakan nya terus. kue jongkong sangat mudah di temukan daerah surabaya. walaupun seperti itu beberapa orang berpendapat bahwa pertama kali kue jongkong adalah masakan orang medan sumatera utara yang biasa di hidangkan untuk berbuka puasa. walaupun ada yang menganggapnya seperti itu sah-sah saja karena kan tetap masih satu tempat indonesia, jadi hal semacam itu sebaiknya tak perlu di perdebatkan. karena kue ini yang enakk memang mudah menyebar ke seluruh penjuru indonesia dan mudah di terima oleh lidah orang indonesia.

Sebelumnya telah di bahas resep bolu kukus karakter enak, resep cara membuat bakso ayam dan juga resep cara buat omelet mie enak nah kesempatan ini yuk buat kue lapis jongkong. Membuat kue jongkong terbilang susah-susah gampang walaupun sedikit agak ribet saya rasa jika anda serius dalam membuatnya tidak main-main pasti bisa membuatnya dengan mudah, apalagi jika yang sudah terbiasa membuat kue pasti bisa, namun jika yang pertama kali atau pemula dalam belajar membuat kue sebaiknya memang di pelajari dulu baik-baik dan di baca langkah dan bahan nya juga agar rasa kue lapis jongkong tetap enak dan pembuatan nya tak gagal. yuk daripada kalian tambah penasaran langsung siapkan bahan nya.


========================
Bahan Kue Lapis Jongkong :
========================
1/4 kg tepung terigu
300 gram gula pasir
1/4 kg tepung kanji
1 1/2 liter santan dari satu butir kelapa besar (parutan kelapanya bisa di gunakan)
1/4 sendok maan vanili
1/4 sendok makan garam
125 ml air daun suji
50 gram abu merang
minyak atau mentega secukupnya

=============================
Cara Membuat Kue Lapis Jongkong :
=============================
1. Pertama-tama campur dan ayak tepung kanji dan tepung terigu nya hingga rata. tambahkan gula. aduk sampai rata dan gula nampak larut..
2. Masukkan santan, vanili dan garam ke dalam adonan. aduk kembali sampai rata dan agak licin. selanjutnya bisa anda bagi menjadi dua adonan ( ukuran di kira-kira saja namun dua adonan tersebut kurang lebih sama ).
3. Larutkan air dan abu merang secara bersamaan, campurkan ke dalam salah satu adonan (adonan satu). ambil air daun suji dan campurkan ke dalam adonan lain nya (adonan dua). semua nya di aduk hingga rata.
4. Siapkan loyang berukuran besar 20x20 cm, selanjutnya olesi dengan mentega, ambil sedikit adonan satu kira-kira sebanyak 150 gram dan kukus selama lima menit saja.
5. Selanjutnya ambil sedikit adonan dua sebanyak 150 gram dan tuangkan ke atas nya. kukus lagi selama 5 menit saja. lakukan berselang-seling hingga ke semua adonan habis.
6. Langkah terakhir jika semua adonan telah habis kukusan terakhir selama 20 menit saja hingga kue matang dan nampak padat.
7. Sajikan bersamaan dengan parutan kelapa.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.53.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lapis Jongkong Enak
4.5/ 5
Oleh