Resep Cara Membuat Balado Jengkol Pedas Spesial

Balado jengkol merupakan salah satu varian dari bumbu balado pedas dengan jengkol yang rasanya begitu enak, lezat dan tentu di sukai banyak baik orang dewasa hingga si kecil pada suka jengkol.  aroma pada jengkol tak membuat jengkol balado pedas menjadi tak enak justru sebaliknya beberapa orang menyukai aroma menyngat yang menandakan ciri khas jengkol dan membuat rasa lapar serta ingin memakannya. balado jengkol pedas cocock untuk di jadikan santapan menu makan siang maupun malam bersama keluarga. untuk pembuatan balado jengkol pedas walaupun agak sedikit membutuhkan waktu lama namun tenang saja semua akan terbayarkan ketika menu masakan spesial ini sudah matang dan jadi. sebenarnya yang membuat memasak balado jengkol pedas lama adalah ketika merebusnya, namun untuk proses memasak jenkolnya tak butuh waktu lama dan sederhana sekali resep kali ini. Memang di musim dingin begitu dan hujan terus turun enak nya makan yang dapat mengahatkan tubuh seperti makanan pedas, nah balado jengkol menjadi menu yang wajib kamu buat dan coba di rumah.

Untuk membuat balado jengkol pedas spesial sangatlah mudah dan praktis, bahan dan bumbu yang akan di gunakan terbilang familiar apalagi kamu yang seringkali masuk dapur pasti mengenalnya. Setelah kemarin banyak membahas aneka resep dari olahan ayam seperti resep ayam bumbu bali enak, resep bumbu sate ayam enak dan juga ada yang lebih spesial dan yang sedang kekian akhir akhir ini dan disukai banyak orang terutama remaja adalah resep buat ayam penyet enak. Pada kesempatan yang cerah ini jawaresep akan mengajak kalian semua belajar bersama buat resep jengkol balado pedas yang tentu bumbu baladonya ciri khas padang dan untuk kepedasan yang di gunakan juga bisa di sesuaikan dengan pemakannya. untuk menumis nya bumbu yang di pakai agar rasanya lebih istimewa gunakan penyedap rasa royco sapi jangan yang ayam, ntar ciri khasnya lebih lezat kalau pakai yang royco sapi. buat balado jengkol pedas di rumah sendiri juga bisa apalagi di bantu dengan sanak saudara yang ada di rumah untuk hidangan di hari spesial dan berkumpul bersama keluarga di rumah. bagi kamu yang sedang mencari resep balado jengkol pedas sangat tepat bila mencoba sajian menu berikut ini, silahkan di simak.

Resep Cara Membuat Balado Jengkol Pedas Spesial
Resep balado jengkol pedas

=======================
Bahan Balado Jengkol Pedas:
=======================
125 gram jengkol
20 ml air matang
80 gram cabai merah keriting, bila perlu bisa tambahkan cabai rawit hijau
1/2 potong tomat ukuran besar
2 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1 lembar daun salam
garam dan gula secukupnya
royco rasa sapi secukupnya
minyak untuk menumis

==============================
Cara Membuat Balado Jengkol Pedas :
==============================
1. Seperti memasak semur jengkol agar empuk di rebus dahulu jengkolnya selama 1 jam lebih, kemudian angkat dan langsung bersihkan dengan cara mencucinya kembali menggunakan air.
2. Goreng jengkol yang telah empuk tanpa bumbu sama sekali gunakan minyak banyak hingga kering matang lalu disisihkan dahulu.
3. Buat bumbu baladonya dengan cara haluskan bawang merah, cabai bawang putih dan juga tomat secara bersamaan (tidak perlu terlalu halus).
4. Kemudian langsung di tumis saja sampai aromanya harum, tuangkan air matang ke dalam tumisan sambil di aduk terus.
5. Masukkan jengkol goreng ke dalam tumisan bumbu balado khas padang, tambahkan daun salam, royco, garam serta gula aduk campur merata.
6. Koreksi rasanya jika sudah sesuai masak kembali hingga air susut dan bumbu tercampur merata serta meresap.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.53.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Balado Jengkol Pedas Spesial
4.5/ 5
Oleh