Resep Cara Membuat Ayam Bakar Kalasan Enak

Resep Cara Membuat Ayam Bakar Kalasan Enak
Jawa Resep, Ayam bakar kalasan merupakan ayam bakar yang di bakar seperti biasa namun disini yang di pakai adalah ayam kampung dengan bumbu-bumbu rempah khas daerah jawa. banyak sekali yang yang bilang asal usul masakan ini berasal dari jawa timur,jawa tengah maupun lain nya sebenarnya menurut sejarah ayam bakar kalasan adalah masakan ayam yang berasal dari daerah yogyakarta lebih tepatnya daerah sleman. sangat mudah sekali menemukan penjual ayam bakar ini, hampir di sudut-sudut kota sleman jogja pasti ada warung yang menjual ayam bakar enak ini.

Ada juga jenis masakan spesial resep cara membuat bakso ayam enak yang telah di pelajari bersama namun menu kali ini ayam bakar kalasan juga rasanya sangat istimewa spesial. Tentu rasa nya yang enak hingga sekarang membuat berbagai resto dan warung makan daerah-daerah lain juga ingin menyajikan nya juga, pesatnya perkembangan zaman ayam bakar kalasan sudah menyebar luas ke penjuru nusantara terutama di seluruh jawa, ayam bakar kalasan tentu sangat nikmat apabila ditambah dengan sambal pedas yang berkarakter dan berciri khas tersendiri, yuk dari pada menambah rasa penasaran anda langsung saja di simak di bawah ini.


========================
Bahan Ayam Bakar Kalasan :
========================
1 ekor ayam kampung
1/4 liter air kelapa
1/2 liter santan
75 gram gula merah
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
1 buah mentimum segar ukuran besar/sedang
arang secukupnya
=============
Bumbu Halus :
=============
6 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1/4 sendok teh jinten
4 butir kemiri
1/4 sendokt eh garam
1 sendok makan ketumbar
============
Sambal Ayam :
============
8 buah cabai merah besar
2 buah jeruk nipis
1/4 sendok makan gula merah
1/2 sendok makan terasi udang, gunakan terasi udang sachetan
1/4 sendok teh garam

=============================
Cara Membuat Ayam Bakar Kalasan :
=============================
1. Cuci dan bersihkan ayam hingga bersih dan tak nampak darah, belah ayam nya menjadi dua bagian namun jangan sampai putus.
2. Haluskan semua bumbu halus hingga halus dan rata kemudian didihkan santan dan air kelapa menjadi satu. masukkan bumbu halus ke dalam didihan air.
3. Masukkan pula daun salam, serai dan lengkuas masak hingga mendidih dan bumbu matang.
4. Tambahkan gula merah yang sudah disisir dan ayam kampung nya, masak sampai semua bumbu meresap ke dalam ayam.
5. Setelah bumbu meresap, anda bisa menyiapkan bara api dari arang maupun lain nya. bakar ayam di atas bara api yang panas hingga berwarna kecoklatan dan matang. Anda bisa sisihkan dulu dan untuk membuat sambal.
6. Untuk sambal nya, cukup dengan menghaluskan  cabai merah, terasi, gula merah, garam dan jeruk nipis menjadi satu hingga halus dan tercampur rata seperti hal nya membuat sambal pedas pada umum nya.
7. Sajikan ayam bersamaan dengan sambal khas nya dan beri mentimun juga di samping penyajian nya.

Mudah sekali bukan membuat ayam bakar kalasan, memang ayam ini sangat mudah seperti hal nya membuat ayam bakar sederhana pada umum nya, untuk sambal anda bisa menambahkan cabai rawit hijau sebanyak anda mau dan haluskan bersamaan dengan bahan sambal lain nya, selamat mencoba.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.33.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Bakar Kalasan Enak
4.5/ 5
Oleh