Resep Cara Membuat Seblak Basah Enak

Seblak adalah jajanan yang sangat populer di jawa barat terutama daerah bandung dan sekitar nya. rasa nya yang lezat, pedas dan enak serta tekstur nya kenyal membuat makanan ini banyak peminatnya. hampir semua warga bandung menyukai masakan inibaik anak kecil maupun orang dewasa. apa sih seblak basah itu? bisa di bilang seblak adalah sejenis jajanan yang terbuat dari kerupuk biasa namun proses membuatnya mencampurkan bumbu seperti bawang putih, garam, cabai pada kerupuk dan memasaknya unik dengan cara merebus kerupuk.

Akhir-akhir ini memang seblak jajanan yang enak dan dapat anda temukan di setiap kota sudut bandung dan sekitarnya, anyak sekali macam dan variasi yang dapat di padukan dengan seblak, ada yang memadukan nya dengan resep bakso yang enak ada pula yang menggunakan telur ayam, ceker ayam, sosis dan bahan lain nya yang di jadikan satu. selain dapat di variasikan dengan bahan lain nya. setelah membahas aneka jenis masakan seperti resep tempe penyet enak dan resep abon ayam enak nah yang akan kita bahas kali ini adalah resep seblak basah spesial yang rasanya tak akan kalah dengan penjual ternama di bandung, kalau beli harus meunggu antrian lama kenapa tak coba membuat nya sendiri yang lebih cepat praktis dan tentu bahan nya pun lebih sehat?


==================
Bahan Seblak Basah :
==================
75 gram krupuk sagu
2 siung bawang putih
4 buah cabai rawit hijau
2 batang daun bawang
2 sendok makan saus tiram
6 buah bakso sapi
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan gula pasir
minyak goreng secukupnya
air panas secukupnya
air matang secukupnya, sekitar 1 cangkir ukuran sedang saja

===========================
Cara Membuat Seblak Basah :
===========================
1. Siapkan semua bahan, ambil semua kerupuk dan rendam kedalam air panas selama 7 menit. diamkan dulu.
2.  Menunggu rendaman anda bisa mengiris terlebih dahulu bawang putih, cabai, beserta daun bawang nya. untuk lombok / cabai boleh di iris boleh tidak.
3. Tumis terlebih dahulu bawang putih hingga beraroma harum menggunakan sedikit minyak dan api yang besar.
4. Tambahkan irisan daun bawang dan cabai rawit iris maupun utuh ke dalam tumisan. aduk-aduk hingga merata dan nampak layu kurang lebih 1 menit saja.
5. Masukkan kerupuk yang telah di remdam tadi ke dalam tumisan. aduk sebentar langsung tambakan baksonya.
6. Langkah berikutnya tambahkan juga bumbu nya, garam, gula dan saus tiram. tuang air matang ke dalam nya.
7. Masak hingga air menusut dan matang (tetap di aduk-aduk terus secara perlahan agar matang nya merata dan kerupuk tidak menempel pada wajan).
8. Hidangkan.

Bagaimana mudah dan simple kan, tertarik untuk mencobanya? selain isi dengan bakso anda dapat mengganti atau menambahkan nya dengan bahan lain seperti sosis dan lain nya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 14.10.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Seblak Basah Enak
4.5/ 5
Oleh