Resep Cara Membuat Ayam Woku Enak Mudah

Dini hari siapa sih yang tak kenal dengan menu masakan ayam woku? Ya benar ayam woku adalah masakan asli dan khas kota manado sulawesi utara. Woku merupakan salah satu bumbu asli manado yang sudah populer di seluruh Indonesia tak hanya ayam nya saja yang dapat di padukan dengan bumbu woku melainkan ada juga cumi woku, ikan bumbu woku dan masih banyak lagi. Pengolahan ayam woku ini sangat sederhana tak seperti yang anda pikirkan karena bahan yang di pakai seperti bumbu rempah dapur yang mudah di temukan dengan tambahan santan dan beberapa bahan simple lainnya membuat cita rasa ayam woku menjadi lebih gurih lezat dan nampak istimewa dari pada masak ayam lainnya, walaupun berkuah agak nampak kental seperti gulai ayam namun ayam woku lebih cenderung lezat segar ketimbang bumbu kuah gulai. Menu masakan ayam woku sangat baik di santap kapan dan dimana saja sesuka selera baik itu untuk sajian makan siang, makan malam hingga makan malam masakan ini bisa anda santap dengan lezat.

Untuk membuat ayam woku sangatlah mudah dan praktis, beberapa hari yang lalu ada beberapa resep spesial tentang masakan ayam yang mudah dan sederhana ada resep ayam unkep, resep fried chicken kfc hingga resep ayam goreng tepung di masak sederhana juga ada. untuk hari nan cerah ini berbeda dari resep-resep ayam sebelumnya yang di goreng kering karena dimasak dengan kuah dan membuat ayam woku terasa lezat. Memang sudah banyak sekali resep ayam woku di berbagai daerah namun sajian jawa resep ini berbeda dengan lain nya yaitu lebih original khas dan asli manado dengan bumbu yang sangat spesial namun membuatnya sangat mudah sekali. Untuk itu bilamana anda sedang mencari resep masakan ayam woku asli manado baik untuk di makan sendiri maupun bersama keluarga patut mencoba resep kali ini, yuk silahkan di simak pembelajaran buat resep ayam woku sendiri di dapur rumah anda.

Resep Cara Membuat Ayam Woku Enak Mudah
Resep ayam woku

================
Bahan Ayam Woku :
================
1 ekor ayam
1/4 liter santan kental
1/4 liter air
1 buah tomat besar, potong menjadi 6-8 bagian
2 batang daun bawang , iris tipis
2 batang serai, geprek
3 lembar daun jeruk
5 tangkai daun kemangi
75 gram cabai rawit hijau
1/2 sendok kaldu bubuk
garam secukupnya
gula secukupnya
merica secukupnya
bawang goreng secukupnya
============
Bumbu Halus :
============
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
4 butir kemiri
2 cm jahe
3 cm kunyit
minyak goreng secukupnya

======================
Cara Membuat Ayam Woku :
======================
1. Pertama kali panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian tumis dahulu bumbu halus sampai beraroma wangi.
2. Massukan daun jeruk dan juga serai sambil di campur aduk menjadi satu, tuangkan air matang nya sambil di aduk kemudian tambahkan ayam nya yang telah di potong-potong.
3. Tuangkan santan kental nya lalu aduk terus hingga tak pecah lalu masukkan tomat yang telah di potong-potong .
4. Beri bumbu garam, merica dan gula lalu masukkan irisan daun bawang dan tambahkan kaldu bubuk nya aduk kembali sampai semua nya tercampur.
5. Setelah itu koreksi rasanya dahulu baru masak sebentar hingga matang (jika suka pedas tambahkan cabai rawit sekalian).
6. Sebelum di hidangkan beri daun kemangi terlebih dahulu.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.19.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Woku Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh