Resep Cara Membuat Kari Ayam Enak Dan Segar

Resep Cara Membuat Kari Ayam Enak Dan Segar
Kari adalah proses memasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang cenderung berbau pedas dan sangat pekat. untuk kari ayam sendiri asal usul nya masih menjadi perdebatan hingga hari ini, karena hampir semua negara asia menyediakan masakan yang enak ini. menurut sejarah kari memang berasal dari india namun hal tersebut masih banyak yang membantah nya walaupun asal usul nya masih kurang jelas tetap saja tidak akan berpengaruh akan rasa dan cita rasa kelezatan dari kuah kari yang sangat berkarakter. Sebelumnya telah di bahas resep lobster enak dan juga resep ayam penyet. Untuk kali ini yuk buat kari ayam sederhana yang mudah edisi dari jawaresep.

Semakin pesat perkembangan zaman kari banyak sekali jenis nya mulai dari kari daging maupun ayam, menurut beberapa orang kari ayam adalah masakan yang khas dan berasal dari menu makanan tradisional indonesia, namun di beberapa negara tetangga seperti malaysia juga ada masakan yang satu ini, namun untuk malaysia penyebutan nya bukan kari ayam melain kan chicken curry. kari ayam merupakan masakan yang terbilang populer di indonesia karena hampir semua orang pernah mencoba nya walaupun kari ayam tak sepekat seperti resep gulai kambing enak namun rasa kari ayam jauh lebih enak, gurih dan segar itu menurut saya.


=================
Bahan Kari Ayam :
=================
1 kg ayam kampung
1/2 liter santan kental
2 sendok makan minyak goreng
1 cm kayu manis
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan garam
============
Bumbu Halus :
============
5 buah cabai merah
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
3 cm kunyit
2 cm jahe
3 butir kemiri
1/4 butir kelapa
1 sendok makan ketumbar
1/2 sendok makan jinten

========================
Cara Membuat Kari Ayam :
========================
1. Cuci dan bersihkan ayam, next langsung potong aja ayam menjadi beberapa bagian 8 hingga 10 potong bagian.
2. Campur rata semua bumbu halus, gerus/haluskan menggunukan cobek maupun blender hingga halus merata.
3. Panaskan minyak dan tumis semua bumbu halus di atas minyak yang panas hingga bau harum tambahkan kayu manis berserta serai juga. aduk terus selama 3 menitan saja.
4. Masukkan semua potongan ayam aduk dan masak hingga bumbu tercampur rata ke dalam ayam.
5. Tuangkan santan dan tambahkan sedikit garam. aduk sebentar dan didihkan / masak hingga ayam nampak empuk dan bumbu mengental selama 25 menitan. (sesekali sambil di aduk-aduk agar meresap rata).
6. Hidangkan selagi hangat.


Keterangan :
- Untuk ayam bisa menggunakan ayam boiler apabila susah mencari ayam kampug nya.
- Sedangkan ketika mendidihkann dan memasak kari ayam bila belum nampak empuk dan lembut anda bisa menambahkan sedikit air hingga ayam menjadi empuk, jika belum juga masak terus dan tambahkan lagi sedikit air matang hingga empuk (kari ayam yang lembut dan empuk jauh lebih nikmat ketika di santap).



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.04.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kari Ayam Enak Dan Segar
4.5/ 5
Oleh