Resep Cara Membuat Empal Gentong Asli Cirebon

Apa yang kalian ketahui tentang empal gentong? memang beberapa orang di luar jawa mungking tak kenal dengan menu masakan empal gentong asli cirebon ini. Empal gentong terbilang mirip dengan gulai tentu sudah tau dong apa itu gulai, dan pastinya biasa juga di peruntukkan untuk menu makan siang maupun malam dan istimewa nya lagi empal gentong khas cirebon juga dijadikan menu spesial di hari raya Idul Fitri. bagi anda yang suka dengan masakan yang berbahan dasar dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda patut belajar membuat empal gentong asli cirebon kali ini karena jawa resep secara detail dan lengkap akan membagikan resep-resepnya yang mudah dipraktekan dan langsung bisa di buat. untuk perhatikan bahan yang di pakai biasanya memang empal gentong hanya memakai daging sapi, tulang sapi dan juga jeron tentunya serta di tambahkan dengan beberapa bumbu dapur membuat empal gentong terasa lebih lezat dan menarik. proses pembuatannya sendiri hampir sama layaknya buat resep gulai kambing jawa enak, atau jenis gule lainnya.

Untuk membuat empal gentong asli cirebon sangatlah mudah dan praktis, sebenarnya tak butuh waktu yang lama karena kalau sudah pernah buat gulai pastinya buat empal gentong akan menjadi lebih mudah dan cepat. setelah beberapa hari lalu kita telah belajar bersama baik dalam resep ayam bumbu bali enak dan juga resep ayam balado enak pasti akan bosan bila memasak masakan dari bahan ayam terus nah bagaimana kalau buat dari olahan daging sapi untuk buat empal gentong cirebon ini pastinya suasana di rumah ketika makan bersama keluarga juga tak menjadi bosan karena masakan yang itu-itu saja. Memang sekarang ini sudah banyak yang mengenal empal gentong dan banyak juga beberapa orang yang mencari resep empal gentong baik dengan cara yang cepat, rasa yang enak, lezat bahkan proses yang praktis. untuk itu jawa resep menyusun secara detail bagaimana resep buat empal gentong yang enak dan patut untuk di coba, untuk rasa tenang saja sudah dapat di pastikan enak banget, silahkan disimak di bawah ini.

Resep Cara Membuat Empal Gentong Asli Cirebon
Resep empal gentong

===========================
Bahan Empal Gentong Asli Cirebon :
===========================
250 gram daging sapi segar
250 gram tulang sapi
500 gram jeroan atau bisa pakai kikil saja, sesuaikan selera
2000 ml air matang
1 gelas santan kental 2 batang serai, di geprek
1 ruas jahe, di geprek
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
4 buah cengkeh
4 butir kapulaga
1 buah kayu manis
1 buah bunga pekak
bawang goreng
irisan daun bawang
acar mentimun
cabai bubuk secukupnya

============
Bumbu Halus :
============
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar, di sangrai lalu haluskan
1/2 jintenm sangrai juga lalu dihaluskan
1/2 ruas kunyit
1/2 sendok makan kaldu sapi bubuk
1/4 sendok makan merica
garam dan gula secukupnya

=================================
Cara Membuat Empal Gentong Asli Cirebon :
=================================
1. Didihkan air kemudian rebus daging sapi bersamaan dengan tulang dan juga jeron selama 10 menitan saja. lalu buang air nya.
2. Didihkan kembali air kemudian rebus lagi bersamaan dengan bumbu yang tidak di haluskan dan biarkan sampai daging nya empuk.
3. Disisi kompor tumis bumbu halus sampai wangi kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. Biarkan empuk masukkan santan, garam, kaldu dan garam dan masak dengan api kecil.
4. Biarkan bumbunya tercampur rata dan aroma rempahnya harum aduk campur dan terakhir tinggal di angkat daging dan juga jeron dari sup nya.
5. Potong dulu daging dan jeroannya kecil-kecil kemudian ambil mangkuk saji letakan daging dan jeroan ke dalam nya bersamaan dengan tomat, irisan kol juga.
6. Tuangkan sup empal gentongnya dan taburi dengan irisan daun bawan serta bawang goreng, beri perasan air jeruk limau.
7. Hidangkan bersamaan dengan nasi putih dan acar.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 22.10.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Empal Gentong Asli Cirebon
4.5/ 5
Oleh