Resep Cara Membuat Lontong Sayur Betawi Enak

Lontong sayur merupakan makanan yang terbilang sangat enak dan mudah sekali di temukan di kawasan jakarta dan sekitarnya, lontong sayur ini juga mirip sekali dengan ketupat sayur terbuat dari bahan dasar lontong dan aneka sayuran ini seperti labu siam, buncis, dan lainnya di padukan jadi satu membuat rasa lontong sayur khas betawi ini menjadi begitu enak ketika di makan. lontong sayur juga biasa di pakai sebagai menu dan hidangan lebaran idul fitri setelah resep buat opor ayam. kalau di jawa bagian tengah dan jawa timur lebih identik menggunakan opor ayam sebagai menu utama lebaran berbeda sekali di daerah betawi seperti jakarta dan jawa barat yang biasa memakai lontong sayur betawi sebagai menu lebaran idul fitri. selain itu lontong sayur juga bisa di hidangkan kapan dan dimana saja.

Banyak sekali penjual lontong sayur di warung makan pingir-pinggir jalan kota jakarta, harganya yang terjangkau dan rasanya yang begitu enak membuat semua orang menyukainya. menu ini juga bisa di hidangkan sebagai menu sarapan pagi ataupun makan siang anda. beberapa waktu sebelumnya jawa resep telah mengajarkan resep buat gado-gado khas betawi dan resep sayur asem betawi enak pastinya sudah pernah di coba semua kan? karena ketiga resep tersebut sangat populer sekali di indonesia akan kaya rasa yang begitu menarik dan patut untuk di coba. untuk hari ini bagaimana kalau kita belajar bersama buat lontong sayur yang mudah dan praktis, tertarik untuk buatnya? silahkan di simak dan ikuti caranya di bawah ini ya.

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Betawi Enak
Resep longtong sayur betawi

========================
Bahan Lontong Sayur Betawi :
========================
350 ml santan cair
3 potong dada / paha ayam, sesuaikan selera
250 gram buncis
6 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 butir kemiri
2 sendok makan ebi / udang kecil
2 buah labu siam / jipang
3 sendok makan margarin
3 cm laos
3 cm kunyit 2 butir telur ayam rebus
1 bungkus kaldu ayam bubuk
1 batang serai, iris
1 buah paprika merah
1/2 buah paprika hijau
lontong secupnyapetai seperlunya
air matang secukupnya
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
kerupuk secukupnya

==============================
Cara Membuat Lontong Sayur Betawi :
==============================
1. Haluskan paprika merah, hijau, bawang putih, bawang merah, kemiri beserta ebi menggunakan blender hingga halus dan tercampur rata.
2. Potong labu siamnya kecil-kecil kalau saya sebesar korek api (bisa sesuaikan selera). cuci dan bersihkan buncisnya. lalu langsung panaskan margarin nya menggunakan api sedang.
3. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan serai, petai, laos, merica, kunyit, garam sambil di aduk rata dan diamkan selama 1 menit lalu langsung masukkan ayam nya ke dalam tumisan.
4. Tuangkan air sedikit saja, tutup panci wajannya dan diamkan selama 3 menitan. masukkan labu siam sambil di aduk masukkan juga 100ml santai cair dan tambahkan lagi sedikit air. biarkan sampai ayam matang.
5. Tuangkan 150ml santannya dan tambahkan air lagi sedikit saja jangan terlalu encer sekitar setengah gelas saja.
6. Masukkan kaldu bubuk, buncis lalu aduk sampai rata dan tutup kembali pancinya diamkan selama 5 menitan menggunakan api kecil saja.
7. Tuangkan sisa santan dan koreksi rasanya jika sudah cocok masak sebentar sambil di aduk terus selama satu menitan saja. kemudian matikan api.
8. Potong lontong dan sajikan di piring saji, beri juga telur rebus lalu siramkan sayur nya di atas longtong dan tambahkan juga kerupuk.
9. Hidangkan selagi masih hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 22.10.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Lontong Sayur Betawi Enak
4.5/ 5
Oleh