Resep Cara Membuat Ikan Bakar Cakalang Enak

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Cakalang Enak
Jawa Resep, Tahu tidak asal usul membakar ikan dari mana? mematangkan makanan ikan / seafood dengan cara di bakar merupakan khas dan berasal dari indonesia asli sejak zaman dahulu kala yang sampai sekarang masih di terapkan. karena indonesia yang akan kaya lautan tentunya banyak selaki jenis makana laut yang ada di dalamnya, ikan bakar merupakan asli dari nenek moyang indonesia yang sudah menyebar ke dunia dan bahkan karena rasanya yang enak dan lezat beberapa negara di asia menjadikan menu makanan ini jadi makanan terfavorite di negaran nya.

Banyak sekali macam makanan laut yang bisa di bakar tidak hanya ikan saja sepertihalnya udang bakar, cumi bakar maupun makanan laut lainnya. umumnya metode dan cara-cara seperti membakar ikan mudah di temukan di daerah-daerah seperti maluku dan sulawesi, karena jenis ikan yang banyak tentunya membuat pemburu ikan berlomba-lomba menangkap dan memakannya dengan variasi yang berbeda-beda. Hari ini jawa resep akan berbagi cara mengolah dan membuat ikan bakar dari ikan cakalang yang enak dan sudah terkenal di seluruh pelosok nusantara ini, yuk langsung saja ikuti tips nya di bawah ini.


=======================
Bahan Ikan Bakar Cakalang :
=======================
1 ekor ikan cakalang ukuran sedang saja
2 buah jeruk nipis
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 sendok makan kecap manis bango
1/2 sendok makan ketumbar
1 butir kemiri
3 cm jahe / satu ruas
1/2 sendok makan garam
minyak goreng secukupnya

==============================
Cara Membuat Ikan Bakar Cakalang :
==============================
1. Cuci dan bersihkan ikannya, kemudian potong kepala dan ekor ikan cakalang terlebih dahulu, belah menjadi dua bagian.
2. Selanjutnya cuci dan bersihkan kembali baru beri dengan perasan air jeruk nipis ( pastikan seluruh bagian ikan terkena air jeruk nipis ).
3. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri 1 sendok makan kecap manis dan ketumbar nya terlebih dahulu.
4. Oleskan bumbu yang sudah di haluskan pada ikannya sampai rata dan taburkan garam merata ke seluruh bagian ikan cakalang dan diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap.
5. Bakar maupun panggang ikan cakalang nya  sesekali olesi dengan sisa kecap dan minyak, bakar hingga berubah warna kecoklatan dan matang
6. Sajikan selagi hangat.

Demikian resep membuat ikan bakar cakalang yang mudah dan praktis tentunya semua orang dapat belajar dan mempraktekannya di rumah tanpa harus membelinya jauh-jauh di warung makan. Untuk membersihkan ikan bakarnya bagi yang suka membakar dan memanggang dengan kepala dan ekor / 1 bagian utuh bisa saja di lakukan namun jika tak suka dengan kepala bisa memotongnya saat mencuci ikan. Masakan bakar yang satu ini sangat cocok sekali di sajikan bersamaan dengan sambal terasi pedas.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ikan Bakar Cakalang Enak
4.5/ 5
Oleh