Resep Cara Membuat Sup Ikan Segar

Resep Cara Membuat Sup Ikan Segar
Sup atau sop umum nya menggunakan olahan dagingyang berbahan dasar dari sapi maupun ayam, na bagamana kalau di buat dari ikan? cocok sekali nih bagi yang suka seafood, pastinya rasanya akan lebihh enak dan segar. Sup ikan sendiri cenderung lebih kaya akan vitamin ketimbang daging lain nya, pembuatan nya yang mudah dan hampir mirip dengan cara membuat sup daging sapi memudahkan anda dalam mengolah nya menjadi sup yang enak. bahan nya pun hampir sama hanya ada sedikit perbedaan pada sayuran yang di gunakan dan tentunaya pada daging nya juga.

Sup ikan merupakan masakan nusantara namun di beberapa negara asia juga memiliki resep sup ikan tersendiri di korea ada maeuntang yang identik sup ikan pedas, di vietnam ada canh chua yang bahannya hampir mirip seperti yang ada di indonesia dan masih banyak negara lain yang menyediakan dan menyajikan sup ikan menjadi menu utama karena menyehakan dan kaya akan vitamin dan dit ambah beberapa sayur yang juga sehat tentu sup ikan menjadi salah satu masakan terpopuler di semua negara asia. untuk buat sup ikan sendiri dengan mudah caranya tak sesulit yang anda bayangkan dan bahan nyapun mudah di dapat kali ini ikan pada supnya kita akan menggunakan daging ikan nila. yuk di lihat.


================
Bahan Sup Ikan :
================
2 ekor ikan nia besar
1 buah tomat hijau, potong jadi 4 bagian
1 buah tomat merah, potong jadi 4 bagian
2 ikat daun kemangi
1 buah jeruk nipis
minyak sayur secukupnya
1 liter air rebus dan didihkan (air panas)
3 buah cabai rawit
air asam jawa secukupnya
===========
Bumbu Sop :
===========
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 cm jahe
1 batang serai
1 cm kunyit
2 cm laos
2 lembar daun salam2 batang daun bawang
2 batang seledri
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok makan gula pasir

======================
Cara Membuat Sup Ikan :
======================
1. Pertama-tama potong terlebih dulu potong ikan menjadi beberapa bagian ( potong ikan menjadi tiga potong setiap ekornya ).
2. Cuci dan bersihkan ikan serta lumuri dengan perasan air jeruk nipis.
3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, garam, gula, hingga halus dan rata.
4. Tambahkan daun salam, serai, laos, daun bawang dan seledri. tumis sampai beraroma harum. selanjutny masukkan air panas ke dalam tumisan.
5. Masukkan juga potongan ikan yang telah di bersihkan ke dalam nya dan tambahkan daun kemangi, air asam jawa dan potongan tomat.
6. Masukkan beberapa cabai rawit untuk menambah sedikit rasa pedas bila suka (kalau tak suka bisa di hilangkan langkah ini).
7. Aduk-aduk hingga matang sekitar 5 sampai 7 menit saja kemudian bisa anda angkat dan siapkan mangkuk saji.
8. Hidangkan sop selagi hangat dan segar.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sup Ikan Segar
4.5/ 5
Oleh